Next Post

5 Tips Belanja Hemat dan Cerdas saat Hari Raya

35702925-86DE-4E1C-BE64-CB8309CE4334

Istanafm.com – Lebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim setelah berpuasa sebulan lamanya. Selain beribadah dan berkumpul bersama keluarga, momen Lebaran juga biasanya dimanfaatkan untuk berbelanja baju baru.

Sayangnya berbelanja saat Lebaran bisa menjadi sangat mahal dan berdampak pada semakin meningkatnya beban keuangan. Oleh karena itu, berikut ini penulis bagikan mengenai lima tips belanja hemat dan cerdas saat Lebaran yang bisa kamu terapkan. Keep scrolling!

1. Membuat daftar belanja

Sebaiknya buat daftar barang yang akan dibeli terlebih dahulu sebelum mulai berbelanja. Daftar belanja membuat kamu lebih fokus membeli barang-barang yang dibutuhkan. Jadi, pengeluaran untuk membeli barang yang tidak perlu itu dapat dihindari.
Buatlah daftar belanja yang spesifik. Misalnya membeli baju Lebaran untuk orangtua, membeli sepatu untuk adik, atau membeli makanan untuk menjamu para tamu. Hal ini akan membantumu lebih hemat dalam pengeluaran dan memastikan uang yang dikeluarkan memang untuk kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan.

2. Mencari diskon atau promo

Menjelang Lebaran tiba, banyak toko yang menawarkan harga diskon atau promo untuk barang-barang yang dijualnya. Alangkah baiknya kamu mencari tahu informasi mengenai diskon atau promo tersebut sebelum memutuskan berbelanja. Jadi, kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah.

Dalam mencari informasi mengenai diskon atau promo, jangan malu untuk bertanya kepada penjual melalui website resmi toko atau media sosial. Jangan sia-siakan kesempatan bisa membeli barang dengan harga yang lebih murah sehingga kamu lebih hemat dalam pengeluaran, ya.

3. Memilih barang dengan kualitas baik

Meskipun barang yang akan kamu beli harganya murah, tapi sebaiknya jangan membeli barang yang kualitasnya buruk. Mendapatkan barang dengan kualitas yang baik tentu akan lebih menguntungkan dalam jangka panjang karena lebih awet dan tidak cepat rusak.

Sebelum membeli barang di suatu toko, jangan malas membaca ulasan dari konsumen yang telah lebih dulu membeli barang di toko tersebut. Ulasan konsumen lain sangat membantu kamu dalam memberikan gambaran mengenai pengalaman mereka dalam membeli dan menggunakan barang dari toko tersebut.

4. Memanfaatkan uang THR

Setelah menerima THR, gunakanlah secara bijak. Jangan kamu habiskan semuanya untuk keperluan Lebaran. Tapi, batasi sebanyak 50 persen saja.
Sementara sisanya bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi keperluan lain, misalnya biaya cicilan, biaya kos, biaya kontrakan, dan lain-lain. Jangan sampai menyesal kemudian lantaran uang THR habis secara cuma-cuma.

5. Menghindari penggunaan paylater atau kartu kredit

Alasan kamu harus menghindari penggunaan paylater atau kartu kredit saat membeli barang-barang di momen lebaran adalah karena bisa membuatmu membeli lebih banyak barang dari yang seharusnya. Akibatnya hutang kamu semakin meningkat karena bunga yang harus dibayarkan semakin besar. Kamu pun semakin sulit membayar tagihan kartu kredit atau paylater hingga kamu akan semakin terjebak dalam siklus hutang.

Lagi pula terlalu sering menggunakan paylater dapat meningkatkan risiko identitas dan keamanan. Data pribadi kamu yang meliputi nomor kartu kredit, alamat, dan nomor telepon berpotensi disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan mengikuti kelima tips belanja hemat dan cerdas di atas, setidaknya keuangan kamu gak bakal boncos selepas Lebaran. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Selamat berbelanja!

 

Source: IDN Times
Penulis: Sinta Listiana

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11