Next Post

Tips Hidup Santai Tanpa Takut Ketinggalan

Ilustrasi.

Dalam proses, kamu sedang mencapai tujan

Istanafm.com – Kebanyakan dari kita gak bisa bersantai menjalani kehidupan karena takut ketinggalan sama orang lain. Capek pastinya mengejar kehidupan, padahal kehidupan gak harus dikejar, cukup dijalani aja.

Setiap manusia punya proses yang gak sama. Jika tidak bisa hidup santai akan menjadi beban lama-lama dan tidak bisa bahagia dalam menjalani hidup. Nah, berikut beberapa tips untuk bisa hidup santai tanpa khawatir ketinggalan!

1. Buat rencana hidup

Rencanakan hidupmu agar kamu bisa tahu apa yang kamu tuju. Jadi Ketika kamu bersantai kamu tidak merasa ketinggalan dengan orang lain karena kamu tahu di mana tujuanmu serta posisimu sekarang.

Rencana ini bisa kamu jadikan peta buatmu. Jadi ketika kamu merasa ketinggalan orang lain, kamu lihat saja bahwa sekarang kamu juga sedang berproses untuk sampai pada tujuan, bersantai sebentar tidak akan membuat hidup jadi berantakan, kok. Tenang saja!

2. Ingat setiap proses manusia itu berbeda

Tak perlu merasa ketinggalan, karena garis hidup memulai semua orang itu berbeda. Ketika kamu merasa ketinggalan dengan temanmu ingat bahwa kamu tidak bisa menyamakan prosesmu dengan temanmu.

Jadi, bersantailah karena kamu punya jalan hidup sendiri. Tak perlu khawatir tertinggal karena takdirmu sudah ditetapkan. Apa yang menjadi milikmu akan tetap menjadi milikmu.

3. Catat apa saja yang sudah kamu tangani sehingga kamu merasa bangga dengan dirimu

atat apa saja yang sudah bisa kamu tangani, dan dapatkan dalam hidup. Ini agar kamu tahu bahwa kamu punya sesuatu yg membanggakan, sehingga kamu tidak berpikir untuk merasa ketinggalan.

Dengan mencatat apa saja yang sudah kamu raih kamu bisa lebih tenang menjalani kehidupan. Kamu jadi lebih santai dan menikmati hidup yang sedang terjadi.

4. Tidak merasa menyaingi hidup orang lain

Jika kamu menjadikan hidup sebagai perlombaan, kamu tidak akan pernah merasa santai. Kamu akan terus takut tertinggal jika melihat orang lain sebagai kompetitormu, inilah yang akhirnya menjadi beban dan tekanan dalam menjalani kehidupan. 

Cobalah untuk hidup dengan apa adanya, serta tidak perlu merasa tersaingi ketika orang lain lebih dari kamu. Gak akan pernah ada cukupnya jika kamu menyaingi orang lain, malah kamu capek menjalaninya.

5. Fokus pada kehidupan sendiri

Berfokus pada kehidupan sendiri tanpa berkeinginan mengurusi hidup orang lain akan membuat kamu jadi bisa lebih santai untuk setiap hal yang terjadi. Tidak merasa tertinggal dengan orang lain karena kamu hanya fokus dengan dirimu sendiri.

Yang kamu pikirkan hanya fokus untuk terus melakukan yang terbaik, menemui kegagalan disikapi dengan tenang, berproses juga dinikmati. Pilihan hidup seperti Ini akan membuatmu jadi bisa santai menikmati hidup tanpa cemas merasa tertinggal.

Gak perlu takut tertinggal ketika bersantai, hidup gak bisa terus fokus nanti kamu malah akan tertekan menjalaninya. Sesekali bersantailah gak usah khawatir tertinggal, saat kamu berada di jalur proses itu tandanya kamu berjalan untuk sampai tujuan.

 

Source: IDN Times

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11