Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Ada Mafia Proyek Di Dikjar Malut

D4EC70CE-FA9F-480E-A6ED-FCFA97AB5472

TERNATE, ISTANAFM – Mafia bagi-bagi proyek pembangunan Gedung Sekolah SMA di Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikkar) Provinsi Maluku Utara terkuak. 

Bahkan pihak Sekolah tidak bisa mengelola Proyek yang bersumber dari Dana DAU tersebut
Amburadulnya pelaksanaan pekerjaan Pembangunan ruang belajar maupun Mobiler ditingkat SMA diwilayah Provinsi Maluku Utara, yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus ( DAU).

Proyek swakelola yang semestinya dikelola oleh pihak Sekolah bersama Komite Sekolah, namun ada oknum Pejabat Dinas Dikjar Provinsi Maluku Utara menekan pihak Sekolah, sehingga Proyek tersebut hanya menggunakan penunjukan langsung tanpa melalui mekanisme Tender.

Alan Ilyas, Ketua Lembaga Pengawasan dan Pemberantasan Tindak Pidana Kejahatan Korupsi (LPP Tipikor Maluku Utara) dalam siaran Persnya di Ternate Kamis (6/7/2023) kepada Wartawan menegaskan, ada oknum Pejabat Dikjar Maluku Utara yang mengumpulkan sejumlah rekanan di salah satu Hotel di Kota Ternate, lalu membagi Proyek Gedung Belajar SMA maupun Mobilernya secara sepihak.

“Seharusnya Proyek tersebut dikerjakan oleh Pihak Sekolah dan Komite Sekolah dalam bentuk Swakelola namun diambil alih oleh oknum Pejabat Dikjar Malut untuk dibagikan kepada Rekanan yang nota benenya adalah orang dekatnya.

Yang lebih para lagi, lanjut Alan Ilyas, dari sejumlah Proyek pada tahun 2022 banyak yang bermasalah karena proses pekerjaannya tidak tuntas, dan penanggung jawab pekerjaan ada pada pihak Sekolah selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

“Ini sebuah kejahatan yang dilakukan secara masif dan terstruktur yang dimainkan oleh oknum Pejabat Dikjar, sehingga dunia Pendidikan di Maluku Utara banyak yang bermasalah akibat ulah oknum Pejabat Dikjar,” sembur Alan Ilayas.

Alan juga menegaskan, pihaknya akan melaporkan masalah ini kepada Kejaksaan Tinggi Maluku Utara agar segera mengusut kasus ini, karena sangat merugikan dunia Pendidikan di dearah ini.
Sementara Pihak Dinas Dikjar hingga berota ini di publish,belum dapat dikonformasi..
(jaja on)

 

 

Editor: Team

Reporter: Fajarudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11