Next Post

ASN di KUA Harus Bisa Baca Alquran

723A3CE1-64EF-42F6-ABEB-8E2563BE6EFC

TERNATE, ISTANA FM – Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Kantor Urusan Agama (KUA) se Maluku Utara harus bisa baca Alqur’an.

Hal itu ditegaskan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara Drs Amar Manaf pada acara Penguatan Kapasitas Tenaga Penyuluh Ditingkat KUA yang berlangsung di Jati Hotel Ternate, Jumat (14/7/2023).

Ditambahkan, Kepala-Kepala KUA dan stafnya, sebagai ujung tombak fasilitator ditingkat Kecamatan pada masing-masing wilayah di Kabupaten Kota.

Olehnya itu, Kakanwil mengharapkan, ASN di KUA mampu memberikan penyuluhan dalam rangka penyadaran Umat agar dapat menghindari Pernikahan bagi para Remaja dibawah usia.

“Hal ini dimaksudkan agar para remaja usia sekolah dapat menghindari pernikahan dini,” tandas Kakanwil didampingi Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara, Salmin A. Kadir.

Menurutnya, kegiatan pembinaan bagi para fasilitator ditingkat KUA ini juga adalah upaya Pemerintah dalam mencegah remaja usia sekolah menikah dibawah umur.

Menurutnya, dengan pernikahan dibawah umur selain bertentangan dengan aturan Agama juga dapat menimbulkan resiko bagi Ibu dan Balita bila dilihat dari sisi Medis.

“Peran Fasiliator yang profesional maka akan melahirkan Generasi yang berkualitas, yang dilandasi dengan Iman dan Taqwa,” jelas Kakanwil.

Dihadapan 30 Kepala KUA Kabuapten Kota, Kakanwil mengharapkan, dengan kegiatan Bimbingan bagi tenaga Fasilitator ini diharapakan agar para peserta mampu menyerap materi yang yang disampaikan oleh para narasumber, sehingga dapat diterapkan dimasing-masing wilayah kerja KUA itu sendiri.

Acara Penguatan Kapasitas Tenaga Penyuluh Ditingkat KUA dengan thema
‘Kegiatan Bimbingan Tehnis fasilitator, Bimbingan Remaja Usia Sekokah (BRUS) Program Kerukunan Umat dan Layanan Kehidupan Beragama dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara’

Penguatan Kapasitas Tenaga Penyuluh Ditingkat KUA diikuti oleh seluruh Jajaran KUA se Provinsi Maluku Utara. (Jaja ON)

 

 

Editor: Team

Reporter: Fajarudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11