Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Azhar Azwar Siap Memajukan IKM Malut

55A3F2E2-3828-4105-B5E5-B8C3A49EF2A7

TERNATE, ISTANA FM – Setelah terpilih memimpin Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Maluku Utara (Malut), Ir. Azhar Azwar berjanji siap memajukan IKM Malut ke depan. 

Dalam perbincangan khusus dengan wartawan ISTANAFM, Ir.Azhar Azwar usai terpilih dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW IKM Provinsi Maluku Utara yang digelar di Hotel Muara Ternate, Rabu (05/07/2023) bertekad untuk membangun persatuan dan kesatuan warga masyarakat Minang yang tersebar di Provinsi Malut.

Ditambahkan, setelah kepengurusan IKM Malut periode 2023 – 2028 terbentuk, maka pihaknya akan melanjutkan program-program yang sudah ada, dan mengembangkan program yang bermanfaat bagi warga Minang.

“Kami juga akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan pemuda dalam bidang olahraga, seni dan budaya,”ujarnya.

Bahkan, kata dia, pihaknya akan berkoodinasi dengan DPD IKM Kabupaten Kota se-Malut serta berjanji akan mengupayakan berdirinya sebuah Yayasan Khusus untuk warga perantau Minang.

Menurutnya, Masyarakat Minangkabau adalah masyarakat yang sangat kaya dengan nilai-nilai agama, Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah, budaya, tradisi dan adat istiadat.

Selain itu, kata Azhar, masyarakat Minang juga mempunyai kewirausahaan yang tinggi, berpandangan maju dan modern, serta cenderung hidup merantau dan dapat hidup menyatu dimanapun mereka tinggal dan berada, sesuai dengan semboyan ‘Dima Bumi Dipijak, Disinan Langik Dijunjuang’.

Menyadari keadaan tersebut, lanjut Azwar, maka masyarakat atau perantau-perantau Minangkabau yang ada di seluruh nusantara, luar negeri, termasuk di Maluku Utara ini dan organisasi-organisasi Minangkabau yang ada saat ini, diharapkan back to nature atau kembali ke akar budaya, atau dengan kata lain ‘mambangkik batang tarandam’ (membangkitkan batang terendam-Red).

Menutup perbincangan dengan Jurnalis ISTANAFM, Azhar Azwar berharap Warga Minang dapat menjadi tauladan yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta tidak lupa melestarikan adat dan budaya warisan leluhur serta sumber daya alam.(dh4n1)

 

 

Editor: Team

Reporter: Syafridhani Smaradhana

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11