Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Bapenda Luncurkan Program Go Cap

B5B84B6B-8364-403B-8383-2BCC35F51AA2

TERNATE, ISTANA FM – Untuk mempermudah masyarakat Maluku Utara khususnya Wajib Pajak (WP) , maka Bapenda Provinsi Maluku Utara telah membuka program Tabungan Go Cap bagi Wajib Pajak guna menghindari Pungli.

Ada beberapa jenis pajak yang dipungut oleh Bapenda Maluku Utara diantaranya, Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Pajak Bahan Bakar, Pajak Permukaan Air, pajak Rokok dan Pajak Kendaraan Alat Berat.

“Namun hal itu masih menunggu regulasi sebagai tindak lanjut Undang-undang HKPD tahun 2022,” jelas Nurdiah Ismail ST, Kepala Bidang Perencanaan Bapenda Provinsi Maluku Utara, Rabu (30/8/2023).

Ditambahkan, sering terjadi WP lupa tanggal jatuh tempo pembayaran pajak, dan bahkan para WP masih berada diluar daerah sehingga terlambat menyetor pajak.

“Dan untuk mempermudah WP, saat ini telah dibuka layanan Tabungan GO Cap dan diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya WP dalam menyelesaikan pembayaran pajak kenderaan bermotor sekaligus upaya Pemerintah untuk menghindari WP dari praktek pungli,”jelasnya.

Dikatakan, dengan pogram Go Cap, WP sangat dipermudah dalam proses pembayaran pajak kenderaan tanpa ribet, dan tanpa harus menunggu hingga berjam-jam saat pembayaran Pajak di Kantor Samsat/Bapenda Maluku Utara di Ternate.

Bahkan dengan program Tabungan Go Cap ini, lanjut Nurdiah, WP usai melakukan pembayaran pajak maka akan ada pemberitahuan dari Samsat/Bapenda untuk jadwal pengambilan bukti pembayaran pajak, sehingga saat ada pemberitahuan kepada WP untuk pengambilan bukti pembayaran WP hanya menunjukan KTP dan STNK ke teller guna menerima bukti pembayaran.

Nurdiah berharap, adanya peran aktif masyarakat dalam program Tabungan Go Cap ini, khususnya WP dalam mengsukseskan program ini demi kemajuan Pembangunan di Maluku Utara. (Jaja)

 

 

Editor: Team

Reporter: Fajarudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11