Next Post

Etika Nonton Konser yang Harus Dperhatikan, Agar tak Bikin Artis Bete Manggung

Ilustrasi.

Istanafm.com – Menonton konser bukan hanya menikmati lagu dan bertemu idola. Tetap ada etika yang harus dilakukan. Hal ini agar menonton konser jadi lebih tenang, dan idola di atas panggung juga bisa lebih nyaman.

Di Indonesia, berbagai konser musik kembali digelar setelah sempat berhenti total gara-gara pandemi Covid-19. Salah satu girl grup asal Korea Selatan, Blackpink juga baru saja menggelar konser di Gelora Bung Karno (GBK) selama dua hari.

Konser Blackpink yang digawangi Jennie, Rose, Jisoo, dan Lisa sukses digelar dan cukup membuat fans mereka, Blink cukup puas. Meski demikian, masih ada beberapa komentar tidak menyenangkan seputar konser yang bermunculan.

 
Misalnya, beberapa penonton mengaku tidak puas. Sebab banyak penonton lain yang hanya fokus merekam dengan ponsel, sampai menghalangi jarak pandang ke panggung utama.
 

Bukan hanya itu, ada beberapa video yang beredar di dunia maya saat penonton melempar barang ke arah panggung. Hal ini membuat Jennie dan Rose terlihat tidak nyaman.

Persoalan ini tentu berkaitan dengan etika menonton konser. Apalagi, ulasan-ulasan negatif seputar konser juga tak hanya terjadi di Blackpink, misalnya di NCT beberapa waktu lalu yang sampai membuat konser harus dihentikan di tengah-tengah waktu.

Lantas, apa saja sebenarnya etika menonton konser?

Ada beberapa etika dalam menonton konser yang harus dipatuhi. Berikut beberapa etika, agar menonton konser bisa terasa lebih nyaman:
1. Jangan fokus merekam dengan handphone

Mengabadikan momen selama konser tentu jadi hal yang Anda inginkan saat menonton. Tapi ingat, melansir Koreaboo, menonton konser bukan hanya mengabadikan momen dari ponsel pintar, tapi juga mengabadikan momen dengan penglihatan.

Jadi, fokuslah menonton jangan hanya fokus merekam.

 

2. Menghalangi penonton lain

Membawa spanduk atau banner mungkin jadi cara fans agar diingat idola. Tapi, perhatikan seberapa besar spanduk dan seberapa tinggi Anda mengangkatnya. Jangan sampai spanduk menghalangi penonton lain.

 

3. Jangan melempar barang ke panggung

Sebagai fans, Anda mungkin ingin memberi hadiah langsung ke idola saat konser berlangsung. Salah satu cara yang biasanya dilakukan dengan melempar barang ke atas panggung.

Tapi ingat, hal ini ternyata berbahaya karena bisa melukai idola yang sedang tampil. Sebaiknya, hindari melempar barang apapun ke arah panggung saat konser berlangsung.

4. Mendorong penonton lain

Semua orang memang ingin sedekat mungkin dengan idolanya. Tapi, jangan sampai Anda sibuk mendorong penonton lain agar bisa maju ke depan. Sebab hal ini bisa membuat penonton lainnya terluka.
5. Jangan gunakan lightstick untuk memukul penonton

Lightstick memiliki bentuk yang menarik. Beberapa bahkan mirip alat pemukul. Melansir Allkpop, jangan gunakan lightstick untuk memukul penonton lain, terutama saat konser berlangsung.
6. Jangan berdiri di atas kursi

Kursi bukan bangku pijakan tapi untuk diduduki. Jangan sampai, hanya karena Anda ingin melihat artis favorit dengan lebih baik, bukan berarti harus mengambil risiko pergelangan kaki terkilir atau, lebih buruk lagi, jatuh hingga mengganggu penonton lain

7. Tetap waspada

Di tempat konser, banyak orang yang hadir. Selalu waspada dengan keselamatan diri dan barang Anda tetap harus dilakukan selama konser berlangsung. (chs/chs)

 
 
 
 

CNN Indonesia

Artikel ini telah tayang di laman CNN Indonesia dengan judul “Perhatikan 7 Etika Menonton Konser, Agar Tak Bikin Artis Bete Manggung” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230313145059-277-924435/perhatikan-7-etika-menonton-konser-agar-tak-bikin-artis-bete-manggung/2.

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11