Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Gunakan Sistem Aplikasi Urus Buku Nikah

908D8415-224D-4103-A1F9-C7373E9263DF

TERNATE, ISTANA FM – Kantor Urusan Agama (KUA) bakal mengunakan sistem aplikasi dalam pengurusan buku nikah.

Hal itu dijelaskan Kepala KUA Kecamatan Kota Ternate Selatan Rusdi diruang kerjanya, Rabu (21/6/2023).

Ditambahkan, apabila ada pasangan suami istri yang mendatangi Kantor KUA untuk mengurusi Buku Nikah, maka petugas akan membuka Aplikasi guna membuktikan kebenaran data pernikahan mereka.

Menurutnya, jika pasangan suami istri menunjukan Buku Nikah tetapi tidak masuk dalam Aplikasi Kemenag, maka pihak KUA akan menanyakan tempat pernikahan, pejabat siapa yang mengeluarkan Buku Nikah tersebut.

“Jika tidak ada dalam aplikasi naka akan ditelusuri guna memastikan kebenarannya, data jelas baru bisa dilayani oleh Petugas,”jelasnya. 

Olehnya itu, Rusdi menghimbau kepada masyarakat yang berada diwilayah hukum Ternate Selatan, apabila ada keluarga yang mau menikah, agar segera melaporkan ke KUA guna didata dan dimasukan dalam Aplikasi Kemenag.

Karena data pernikahan ini, lanjut Rusdi, sangat penting dan akan berlaku seumur hidup.

“Bahkan jika ada pasangan suami istri yang meninggal misalkan, dan terjadi perebutan harta warisan maka pihak keluarga hanya melaporkan ke KUA untuk memastikan kebenaran pasangan suami istri yang telah meninggal, semua data tersimpan dalam aplikasi,”jelasnya.

Ditambahkan, pernikahan dengan mengikuti prosedur yang benar akan membantu pihak keluarga maupun pasangan suami istri itu sendiri.

Jika suami istri keluar daerah secara bersamaan, kata Rusdi, maka tidak perlu membawa Buku Nikah, hanya berbekal kartu nikah seperti Kartu Debet, maka akan aman saat ada pemeriksaan.

Karena semua data tentang pasangan suami istri sudah terkafer dalam aplikasi, petugas hanya melihat Kartu Nikah sejenis Kartu Debit yang elah menyimlan semua data Keluarga dari pasangan suami istri tersebut.(jaja)

 

Editor: Team

Peliput: Fajarudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11