Next Post

Hama Mulai Serang Pala dan Cengkih di Malut

IMG-20231019-WA0000

Ternate, Istana FM – Akhir-akhir Petani Pala dan Cengkih di beberapa wilayah di Maluku Utara, hasil panennya mulai menurun akibat hama menyerang kedua jenis tanaman tersebut.

Bahkan dikota Ternyata juga kena imbas hama.

Kepala BBI Taman Pertanian Provinsi Maluku Utara Rulfi Hanafi, Kamis (19/10) menjelaskan, hama yang menyerang tanaman Cengkih dan Pala bukan hanya terjadi di Maluku saja, tetapi juga merambah beberapa wilayah di Maluku Utara seperti Kota Ternate dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Namun Rulfi tidak dapat menjelaskan secara rinci wilayah-wilayah mana saja yang dianggap paling rawan serangan hama terhadap dua jenis tanaman dimaksud.

“Karena data Basenya berada di dikantor sehingga tidak bisa dijelaskan secara detail,”kata Rulfi Hanafi.

Menurutnya, serangan Hama tersebut adalah bagian dari cara petani merawat kebun Pala maupun cengkih yang tidak teratur, sehingga dapat memicu berkembangnya hama.

Dia mencontohkan, saat Petani memanen Pala maupun cengkih, mereka membiarkan pohon Pala maupun Cengkih begitu saja tanpa membersihkan daun-daun dan ranting, apalagi tanaman Pala yang kulitnya dibiarkan menumpuk hingga membusuk dipohon ini yang menjadi sarang hama untuk berkembang.

“Akibat serangan Hama tersebut penghasilan petani Cengkih dan Pala menurun drastis dari biasanya, seperti satu pohon Pala yang bisa menghasilkan delapan sampai sembilan Kilo Gram, tetapi akhir-akhir ini malah menurun hingga empat sampai tiga Kilo Gram per pohon Pala.

Rufli berjanji, pihaknya akan mencari solusi guna mengatasi masalah Hama ini agar tidak meresahkan Petani di daerah ini. (Jaja On)

 

Editor: Team

Reporter: Fajarudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11