Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Ini Beberapa Tips Agar Tak Mudah Kelelahan Saat Bekerja

Istanafm.com – Rasa jenuh dan lelah saat bekerja merupakan hal yang normal terjadi. Namun, hal ini dapat menjadi salah satu kendala terberat, apalagi jika pekerjaan masih menumpuk dan menunggu diselesaikan. Alhasil, setelah tugas pekerjaan usai dilakukan, tidak jarang tubuh akan merasa lemas dan kekurangan energi. 

Kendati demikian, jangan sampai rasa lelahmu menghambat produktivitas di pekerjaan. Karena itu, agar tidak mudah kelelahan saat bekerja, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk, intip informasinya di sini! 

Beberapa Tips Agar Tak Mudah Kelelahan Saat Bekerja 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan agar tak mudah kelelahan saat bekerja: 

1. Tidak Melewatkan Sarapan

Karena terburu-buru, beberapa orang kerap melewatkan sarapan. Padahal, para ahli telah menyebutkan bahwa sarapan bisa membuat seseorang lebih fokus. Maka dari itu, pastikan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat kerja, setiap paginya. 

2. Minum Air Putih yang Cukup

Kurang minum bisa membuat kamu dehidrasi, yang dapat membuat kamu mudah lelah. Para ahli menyebutkan bahwa dehidrasi dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan detak jantung, dan memperlambat aliran darah ke otak yang menyebabkan kamu mudah lelah. Karena itu, kamu perlu minum air putih yang cukup sesuai kebutuhanmu agar tak mudah lelah saat bekerja.

3. Tidur yang Cukup

Mudah lelah bisa disebabkan oleh kurang tidur. Karena itu, kamu perlu tidur cukup di malam hari, setidaknya 7 jam per hari. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu bisa melakukan olahraga ringan sebelum tidur. 

Contohnya seperti jalan santai atau melakukan gerakan-gerakan peregangan otot. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu istirahat di kantor untuk tidur selama 10 menit (power nap) agar kembali bugar saat bekerja.

4. Aktif Bergerak

Meskipun berat dilakukan, kamu perlu aktif bergerak agar tetap bugar saat bekerja, terlebih jika kamu bekerja sambil duduk. Kamu bisa melakukan relaksasi dengan berjalan di tempat atau meregangkan otot badan. 

Sebab, beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan level energi. Aktivitas fisik, seperti berolahraga dapat meningkatkan semangat, rasa percaya diri, efektivitas dalam bekerja, dan kualitas kesehatan secara menyeluruh.

5. Kelola Stres dengan Baik 

Stres dan kecemasan bisa memengaruhi tidur dan energi tubuh. Akibatnya, stres bisa membuatmu mudah mengantuk dan lelah saat di kantor. Karena itu, kamu perlu mengelola stres dengan melakukan hal yang kamu sukai. Misalnya bertemu teman dari departemen lain, membaca buku, atau mendengarkan lagu saat waktu istirahat kantor.

6. Memenuhi Segala Asupan Nutrisi Penting 

Salah satu penyebab mudah lelah saat bekerja adalah sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun. Karena itu, pastikan untuk selalu memenuhi segala asupan nutrisi penting yang tubuhmu butuhkan. 

Contohnya seperti vitamin, serat, mineral, protein dan karbohidrat. Guna memenuhinya, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Perbanyak juga mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi penting. 

7. Tidur Singkat saat Bekerja 

Sebagian pekerjaan memiliki jadwal shift malam bagi pegawainya. Jika kamu merupakan salah satunya, dan sedang menjalani shift malam, kamu bisa tidur sebentar ketika bekerja. Sebab, banyak penelitian menunjukkan bahwa tidur singkat dapat  meningkatkan suasana hati dan kinerja. Cobalah untuk tidur selama 20 hingga 30 menit ketika rasa lelah dan kantuk mulai menyerang. 

Bahkan, tidur siang secara singkat selama 30 menit bagi mereka yang bekerja pada shift normal, juga dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. 

Itulah beberapa tips agar tak mudah kelelahan saat bekerja. Mulai dari tidak melewatkan sarapan, hingga tidur singkat ketika bekerja. Beberapa tips tersebut diharapkan dapat mengurangi rasa lelah yang dirasakan saat bekerja, sehingga produktivitas dapat terjaga secara optimal. 

Namun, terkadang rasa lelah yang berlebih juga dapat menunjukkan indikasi gangguan kesehatan tertentu. Oleh karena itu, jika rasa lelah tak kunjung membaik setelah melakukan cara tersebut, segeralah memeriksakan diri ke dokter. 

Source: Hallodoc

Referensi: 

Merdeka. Diakses pada 2022. 5 Cara Agar Tak Mudah Lelah Saat Bekerja, Perhatikan Asupan dan Pola Istirahat. 
NIH. Diakses pada 2022. Fatigue management in the workplace. 
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Ways to Boost Your Body’s Natural Defenses. 
ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11