Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Kamboja Konfirmasi Dua Kasus Flu Burung, WHO: Situasi Mengkhawatirkan

Ilustrasi virus H5N1

Istanafm.com – Badan Kesehatan Dunia (WHO) bekerja sama dengan pihak berwenang Kamboja setelah dua kasus flu burung, H5N1, yang dikonfirmasi ditemukan di negara itu di antara satu keluarga.

Dr Sylvie Briand, direktur kesiapsiagaan dan pencegahan epidemi dan pandemi, mengatakan kepada wartawan dalam pengarahan virtual Jumat 24 Februari 2023 malam, bahwa WHO sedang meninjau penilaian risiko globalnya mengingat perkembangan terakhir.

“Situasi global H5N1 mengkhawatirkan mengingat meluasnya penyebaran virus pada burung di seluruh dunia dan meningkatnya laporan kasus pada mamalia, termasuk manusia,” kata Briand.

“WHO mengambil risiko dari virus ini dengan serius dan mendesak kewaspadaan yang lebih tinggi dari semua negara.”

Badan kesehatan PBB terakhir menilai risiko flu burung terhadap manusia pada awal bulan ini.

Pada Kamis, pihak berwenang Kamboja melaporkan kematian seorang gadis berusia 11 tahun karena H5N1, dan mulai menguji 12 kontaknya. Ayahnya, yang menunjukkan gejala, juga dinyatakan positif terkena virus tersebut.

Briand mengatakan belum jelas apakah ada penularan dari manusia ke manusia atau apakah kedua kasus tersebut disebabkan oleh “kondisi lingkungan yang sama”, kemungkinan kontak dekat dengan burung atau hewan lain yang terinfeksi.

 

Source: Tempo.co

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11