Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Kasman : Secara Ekonomi, Rakyat Indonesia Belum Merdeka

5EC84836-39DB-42C9-B449-8A20A78154DE

TERNATE, ISTANA FM – Tidak terasa usia bangsa Indonesia telah memasuki 78 tahun pasca Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, namun rakyat masih belum merasakan Kemerdekaan itu secara Ekonomi.

Hal itu ditegas, tokoh Muhammadiyah Maluku Utara, Dr. Hi. Kasman Hi. Ahmad, Mpd usai memberikan Khutbah Jumat di Masjid Raya Al-Munawar Kota Ternate Jumat (18/8/2023).

Menurutnya, secara harafiah, rakyat belum merdeka secara ekonomi, maupun dibidang Pendidikan dan Kesehatan, sehingga rakyat masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Kasman mempertanyakan, ini salah siapa, jawabannya adalah pemimpib yang dinilai masih kurang memperhatikan hak-hak rakyat, seperti pelayanan akan Pendidikan dan Kesehatan yang masih morat marit di Negeri ini.

Salah satu contoh, kata Kasman, misalnya pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Chasan Boesoerie Ternate berjalan tidak maksimal akibat terganjal dengan berbagai persoalan seputar keuangan, dimana hak-hak para tenaga medis yang hingga kini belum terselesaikan.

Disinggung soal tema HUT RI Ke-78 yakni “Terus Melaju Untuk Indonedia Maju”, menurut Kasman, bila dikaji dengan kondisi perekonomian masyarakat Maluku Utara saat ini, terutama warga Maluku Utara yang berada disekitar areal Pertambangan, Dimana Pemerintah Daerah telah mengeluarkan Ijin bidang pertambangan aktif yang berjumlah 313 ijin, Kasman menegaskan, wilayah Maluku Utara hampir seluruh Kabupaten Kota dikuasai Pengusaha Pertambangan, namun kondisi masyarakat secara ekonomi masih jauh dari harapan.

“Keberpihakan pihak Perusahaan dan kebijakan, pemerintah belum berpihak kepada rakyat, sehingga daerah ini dan Indonesia secara umum membutuhkan Pemimpin yang terbuka, amanah dan komitmen terhadap kepentingan rakyat,”tandasnya.

Kasman mencontohkan, akibat dari lemahnya pengawasan maka berbagai permaslaahan yang terjadi ditubuh Pemerintahan seperti maraknya tindak pidana kejahatan korupsi marajalela dimana-mana.

Hampir diseluruh Instansi Pemerintah Daerah terserang penyakit akut yang namanya Korupsi.

Mindset kepemimpinan seperti ini, lanjut Kasman, harus segera diubah demi masa depan rakyat dan megeri.

“Ini kedepan bisa berubah secara ekoomi,”Harap Kasman.
(Jaja 0n).-

 

 

Editor: Team

Reporter: Fajarudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11