Next Post

Menu Sarapan Yang Bikin Perut Buncit, Hati-hati Pilih Sereal

IMG-20230531-WA0004

Istanafm  – Ternate. Ada menu-menu sarapan yang terlihat sehat tapi sebenarnya menu sarapan perut buncit. Artinya, hindari deret menu sarapan berikut jika ingin punya perut indah dan rata.

Apa menu sarapan Anda? Ada begitu banyak pilihan menu untuk sarapan. Tak sekadar pengisi perut di pagi hari, sarapan turut mendukung program perut rata dan indah. Namun jika pilihan menunya kurang tepat, justru yang terjadi sebaliknya.

Karena itu, penting untuk mengetahui menu sarapan yang bisa membuat perut buncit dan tentunya berefek kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa menu sarapan yang bikin perut buncit dan sebaiknya dihindari. 

. Sosis

Bacon atau sosis kerap dijadikan alternatif sumber protein selain telur di pagi hari. Hanya saja, ini bukan menu sarapan terbaik jika ingin punya perut rata.

Bacon, sosis, dan aneka daging olahan sebaiknya dicoret dari menu sarapan Anda. Sebuah laporan dari American Journal of Clinical Nutrition menyebut daging olahan berhubungan dengan kenaikan berat badan.

2. Roti putih panggang

Berbeda dengan roti biji-bijian, roti putih gampang sekali menaikkan berat badan dan menambah lingkar pinggang.

Seperti dilansir dari Eat This, Not That!, roti putih akan menaikkan kadar lemak visceral yang bikin perut buncit. Anda disarankan untuk mengonsumsi roti biji-bijian utuh. Roti ini berhubungan dengan lemak visceral.

3. ‘Junk’ food

Demi kepraktisan, orang memilih pesan junk food di restoran cepat saji. Makanan memang cepat tersaji seperti kentang goreng, burger, serta minuman manis. Pun menu ini cepat menaikkan berat badan.

Bisa dibilang ini menu sarapan yang bikin perut buncit.

Junk food atau fast food tinggi kandungan lemak trans yang kalau dikonsumsi terus-menerus akan memicu obesitas, penyakit jantung dan diabetes.

4. Sereal dengan gula tambahan

Tidak ada yang salah dengan sereal sebagai menu sarapan. Menu ini bernutrisi dan praktis alias tinggal ditambah susu. Masalah terletak pada pilihan sereal tanpa melihat kemasan. Sereal ternyata tinggi gula tambahan.

“Sarapan klasik seringkali tinggi gula, lebih rendah nilai gizinya termasuk vitamin dan mineral, lemak sehat, serat dan protein yang membantu kita menjalani hari dengan perasaan puas dan berenergi,” kata Isabel Smith, ahli diet dan pendiri Isabel Smith Nutrition, seperti dilaporkan Insider.

5. Waffle

Waffle sebenarnya terdiri atas karbohidrat sederhana yang cepat memberikan energi tapi energinya juga cepat hilang. Waffle tidak benar-benar memberi nutrisi seimbang dan berisiko bikin perut buncit sebab kandungan gulanya tinggi.

6. Jus jeruk

Jus jeruk kelihatannya segar dan menyehatkan. Padahal kenyataannya, jus jeruk, terutama jus kemasan, memasok gula dalam kadar tinggi buat tubuh.

“Jus di pagi hari dapat memberikan gula dan kalori dalam dosis tinggi. Selain itu, mengingat jus buah diproses pada suhu yang lebih tinggi, beberapa nilai gizinya juga bisa hilang,” ujar Smith.

7. Yogurt dengan perisa

Yogurt bisa membantu menyehatkan pencernaan terutama area usus. Pencernaan yang baik berarti perut rata tanpa menyimpan ‘sampah’ di usus terlalu lama.

Cek yogurt yang dikonsumsi sebab jika kurang jeli, Anda malah mengonsumsi yogurt berperisa dan tinggi gula. Sebaiknya pilih yogurt tawar saja.

“Bagaimana pun, di kebanyakan kasus, versi berperisa mengandung banyak gula tambahan dan sirup,” kata Smith.

Yogurt tinggi gula malah jadi menu sarapan yang bikin perut buncit.

(els/pua)

Artikel ini telah tayang di laman CNN Indonesia dengan juudl “Menu Sarapan yang Bikin Perut Buncit, Hati-hati Pilih Sereal” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230530091521-262-955602/menu-sarapan-yang-bikin-perut-buncit-hati-hati-pilih-sereal.

Avatar

Mario

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11