Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Merawat Kebersamaan Melalui Forum Pembauran Kebangsaan

BDF7A3F0-52E6-49BB-A99B-2C986F2A0487

TERNATE, ISTANA FM – Dinas Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Kota Ternate terus berupaya semaksimal mungkin guna memelihara kedamaian dengan cara membangun dialog melalui Forum Pembauran Kebangsaan.

Kepala Kesbangpol dan Linmas Kota Ternate Nuryadin A. Rahman, SH. menjelaskan, tujuan dari pada Rapat Kerja (Raker) Forum Pembauran Kota Ternate tahun 2023 ini, guna membangun komunikasi secara intens dengan para perwakilan dari 40 paguyuban yang terdaftar di Kesbangpol Linmas Kota Ternate.

“Ini guna membahas berbagai Isyu dan permasalahan yang sering terjadi ditengah-tengah masyarakat seperti tawuran yang pada akhirnya dapat menimbulkan keresahan dan ketidak nyamanan dalam kehidupan bermasyarakat Bangsa dan Negara,”tandasnya.

Menurut Nuryadin, ditengah-tengah situasi Politik saat ini, pihak Kesbangpol Linmas yang merupakan Lembaga Pemerintah itu, memiliki tanggung jawab untuk meminimalisir berbagai isu-isu yang dapat mempengaruhi hubungn persaudaraan diantara sesama warga Kota Ternate.

Maka dengan adanya dialog melalui Forum Pembauran Kebangsaan yang selalu mengedepankan pendekatan persaudaraan diantara sesama Anak Bangsa, dapat menggali berbagai informasi dari para peserta Raker itu sendiri, guna diantispasi sedini mungkin.

Sesuai amanat Walikota, kata Nuryadin, kegiatan ini tujuannya hanya satu, yakni bagaimana membangun hubungan silaturahim dan merawat hubungan persaudaraan sejati di Kota Ternate berkesinambungan dan berkeadilan.

Nuryadin berharap keterlibatan semua pihak dalam menjaga dan merawat hubungan silaturahim agar terus harmonis sepanjang masa.

Kegiatan seperti ini akan berlanjut dengan para ormas maupun organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya dengan satu tujuan yaitu membangun kedamaian tanpa ada batasnya.

“Karena kadang terjadi perbedaan pandangan dalam momentum Politik, bisa mencerai hubungan persaudaraan,”tandasnya.

Seharusnya, kata dia, dari perbedaan itu kita ambil hikmahnya dan akan ditemukan sebuah keberagakaan yang hakiki sebagai sebuah kekuatan besar dalam memajukan Kota Ternate yang dikenal sebagai Bumi Rempah yang sudah mendunia ini, dari berbagai aspek jelasnya.

Sementara itu, Dr. Jubair Situmorang, Pengurus Paguyuban Sumatra Utara juga sebagai Narasumber, pada acara Raker Forum Pembauran Kata Ternate menilai kegiatan ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Kota Ternate guna menjaga hubungan Persaudaraan diantara sesama warga Kota dengan latar belakang Etnis dan Budaya yang berbeda-beda, namun tetap dalam satu bingkai Persaudaraan, sebagaimana yang tergambar dalam makna Marimoi Ngone Futuru.

Dijelaskan, Kota Ternate yang dihuni oleh berbagai macam Etnis Budaya dan Agama, namun dalam pergaulan hidup sehari-sehari terlihat harmonis antara satu dengan yang lain, karena itulah budaya kita yg telah diwariskan oleh para leluhur di Tanah Air.(jaja on)

 

 

Editor: Team

Reporter: Faharudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11