Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Pemkot Ternate Berupaya Percepat Turunkan Stunting

74FD735A-73D4-4E5A-B3EB-BDBD1BB7AAF0

TERNATE, ISTANA FM – Masalah Stunting di Kota Ternate merupakan masalah serius yang saat ini diperangi oleh Pemerintah Kota Ternate.

Dan upaya untuk penurunan masalah Stunting ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate mengadakan Rapat Koordinasi Rakor) di Hotel Muara Ternate, Senin (26/6/2023) dengan melibatkan semua Instansi terkait.

Walikota Ternate, Tauhid Soleman saat membuka Rakor tersebut menegaskan, percepatan penurunan angka Stunting adalah merupakan salah satu program Prioritas Nasional yang harus didukung secara bersama-sama oleh semua pihak.

Dikatakan, berdasarkan Perpres Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan Penurunan Stunting, maka sejalan dengan itu dalam rangka mendukung implementasi transformaai layanan primer sampai ketingkat masyarakat, sehingga Posyandu diharapkan dapat memenuhi layanan dasar bagi sasaran seluruh siklus hidup.

Lebih jauh dijelaskan, Posyandu sebagai salah satu Integritas layanan Primer dan sebagai sistem kesehatan ditingkat Kelurahan, RT maupun RW, dimana fokus layanannya distandarisasi dan dilengkapi dari sebelumnya hanya melayani Ibu dan Bayi, namun minset tersebut dirubah agar Posyandu dapat menawarkan paket yang baru dengan menjangkau semua usia, baik Anak, Remaja hingga Lansia dapat terlayani dengan sebaik baiknya.

Sementara Kepala Dinkes Kota Ternate Fatiha Suma menjelaskan, masalah Stunting adalah urusan Kesehatan yang esensial dan berdampak jangka panjang bagi generasi masa depan Negara maupun Daerah.

Menurutnya, penanganannya juga memerlukan keterlibatan banyak pihak terkait serta berbagai aspek secara berkelanjutan.

“Dari hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 berdasrkan tinggi badan menurur usia, angka prevalensi kasus Stunting di Kota Ternate mencapai 24-persen dan tahun 2022 prevalensi Stunting di Kota Ternate sebesar 17 persen atau mengalami penurunan sebesar 6,3 persen,” jelas Fatiha.

Kedepan, pada tahun 2024 mendatang Pemerintah Kota Ternate melalui Dinkes akan berupaya semaksimal mungkin untuk menekan angka prevelensi Stunting hingga 10 Persen dan ini sudah menjadi target Pemerintah Kota Ternate, guna mencapai Target dibawah target Nasional.

“Untuk mencapai angka tersebut diatas maka peran serta seluruh komponen masyarakat harus ikut secara bersama-sama guna menurunkan Stunting di Kota Ternate,” jelas Kadiskes. (jaja)

 

Editor: Team

Peliput: Fajarudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11