Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Polda Maluku Utara Diminta Tertibkan Penambangan Ilegal

Ternate, IstanaFM – Komisi III meminta Polda Maluku Utara untuk melakukan penertibkan segala bentuk aktivitas pertambangan ilegal yang berakibat kerusakan lingkungan.

Hal itu ditegaskan Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto saat memimpin Tim Kunker Reses Komisi III DPR ketika mengunjungi Mapolda Malut, di Ternate, Selasa (21/2/2023).

Hal itu, lanjut Bambang, karena Maluku Utara adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki cadangan nikel tersebesar, bahkan provinsi ini berhasil mencatatkan pertumbuhan di tengah situasi global yang kurang mendukung dari sektor tambang.

“Kapolda Malut ini memang baru sekitar satu bulan disini, tentu kami memiliki harapan yang besar agar menjaga ketertiban pada sektor tambang disini. Bersyukur, Kapolda ini punya spesialisasi dalam hal pertambangan, beliau ini telah lama bekerja menangani tambang sudah 20 tahun lebih, sehingga persoalan pemetaan tentang tambang ini sudah khatam,” ujar Politisi F-PDI Perjuangan ini usai mengunjungi Mapolda Malut.

Sementara itu, anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris Padjalangi mengatakan, beberapa bulan yang lalu Kementerian ESDM menegur 29 Perusahaan Tambang di Maluku Utara karena belum menyampaikan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) tahun 2022, bahkan ada juga beberapa penambang yang hanya mengambil keuntungan sebesar-besarnya tapi tidak menghasilkan kesejahteraan buat warga sekitar.

“Ini sudah kami temukan kenyataanya dilapangan, banyak tambang yang keuntungannya triliunan tapi tidak berbanding lurus dengan kehidupan masyarakat disana. Silahkan anda berinvestasi mencari rezeki disini, tapi jangan merugikan masyarakat apalagi jika sampai mafia tanah juga menyerobot lahan-lahan masyarakat kecil untuk kepentingan bisnis anda yang merugikan mereka,” pungkas Politisi F-Partai Golkar ini. (prlmn/iky

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11