Next Post

Tidak Ada Tempat Berkembang Biak Nyamuk Malaria di Ternate

IMG-20230922-WA0006

TERNATE, ISTANA FM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate melakukan pertemuan Lintas Sektor bahas masalah Program Malaria tahun 2023 yang dipusatkan di Jati Hotel Ternate Jumat (22/9/2023)

Koordinator Kegiatan Heria Amir, S.Kep., M.Kes mengatakan, secara medis di Kota Ternate tidak ditemukan tempat atau lokasi berkembang biaknya Nyamuk Malaria.

Ditambahkan, selain Kota Ternate yang padat akan pemukiman warga, tidak ada kolam atau tempat-tempat yang bisa memberi ruang untuk Nyamuk Malaria bisa berkembang.

Namun, Kata Heria, di Tahun 2023 ini, terdapat 13 Kasus Penderita Malaria di Kota Ternate dan pasiennya dapat disembuhkan.

Dijelaskan, warga yang terserang Penyakit Malaria itu merupakan penyakit bawaan sejak yang bersangkutan beraktifitas di Papua, dimana saat terserang Malaria dia kembali ke Ternate.

“Penderita penyakit malaria bawaan dapat menjangkit atau menularkan ke orang lain disekitar jika tidak diwaspadai,”tandasnya.

Olehnya itu, Heria menghimbau agar warga Kota Ternate selalu membudayakan hidup sehat dengan menjaga lingkungan, terutama sampah agar jangan dibuang ke selokan karena jika selokan tersumbat dan airnya tidak mengalir, maka ini memberi ruang untuk tempat berkembang biaknya nyamuk Malaria. (Jaja On). –

 

 

Editor: Team

Reporter: Fajarudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11