Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Warga Bastiong Tukar Uang Koin Satu Karung

9AD7A55D-C1F7-438B-90BC-84D1086BFF4C

TERNATE, ISTANA FM – Ada pepatah yang mengatakan, sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit.

Pepatah itu terapkan olah seorang warga kelurahan Bastiong Karance Ternate Selatan yang berprofesi sebagai Pedagang Sembako, bernama Fadlan Kausaha (40).

Selama 1 tahun 7 bulan, Fadlan menabung dengan mengumpulkan uang koin pecahan Rp. 500 dan Rp.1000.

Dan dari hasil tabungan yang disimpan didalam galon air mineral di rumahnya, Fadlan berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp 9 juta.

Pada Jumat (21/7/2023 kemarin, Fadlan mendatangi Bank Indonesia Cabang Ternate untuk melakukan penukaran uang koin yang telah dibungkus plastik dan dimasukkan ke dalam satu karung beras ukuran 25 kilogram.

Langkah Fadlan itu ternyata mendapat simpati dan sambutan hangat dari petugas bahkan mendapat penghargaan dari Bank Indonesia melalui Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Ternate Indra Gunawan.

Fadlan langsung mengeluarkan Uang koinnya daridalam karung untuk dihitung kembali oleh Petugas Teler, dan dalam waktu yang tidak terlalu lama Petugas Teler berhasil menghitung yang koin dari hasil tabungan Fadlan yang berjumlah Rp. 9.400.000 dan langsung ditukarkan dengan Uang Kertas pecahan Rp.100.000.

Fadlan Kausaha kepada Wartawan mengatakan, dirinya tidak menyangka kalau hasil tabungannya bisa sebanyak itu.

“Dari hasil penukaran uang ini, saya akan berbelanja kebutuhan sehari-hari dan menambah modal usaha serta biaya anak sekolah,”jelas Fadlan.

Sementara itu, menurut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Ternate Indra Gunawan, penukaran uang koin yang dilakukan Fadlan ini adalah rekor penukaran uang koin terbesar di tahun 2023.

Indra menambahkan, animo masyarakat yang menukar uang koin ke Bank Indonesia, baru kali ini penukaran dengan jumlah yang lebih besar sepanjang tahun 2023.

Indra menghimbau kepada masyarakat yang menyimpan uang koin dalam jumlah yang banyak dapat ditukarkan di semua Bank yang ada di Maluku Utara.

“Warga masyarakat agar setiap berbelanja dan ada pengembalian dengan uang koin, agar dikumpulkan, dan jika sudah banyak segera ditukarkan ke semua Bank,” jelasnya. (Jaja On)

 

 

Editor: Team

Reporter: Fajarudin Limau

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11