Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Hutang Bersama Suamii Istri dalam Perkawinan

IMG-20240130-WA0094

JAKARTA.ISTANA.NEWS – Selama ini masyarakat awam hanya mengenal pengertian gono gini adalah harta bersama yang di dapat selama masa perkawinan, yang dapat dimintakan untuk dibagi rata ketika proses perceraian terjadi, namun selain harta yang dapat dibagi rata tentu ada konsekuensi hutang yang harus dibagi rata selama hutang itu timbul selama masa perkawinan.
Hal itu dikatakan Habib Syafiq Alaydrus, S.H Advokat dari SAS & PARTNER’S LAW FIRM, Selasa (30/01/2024)
Menurut Habib, hutang dalam perkawinan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu hutang pribadi (hutang prive) dan hutang persatuan yakni suatu hutang untuk keperluan bersama.
“Hutang pribadi yang dituntut untuk membayar adalah suami atau istri yang membuat hutang tersebut, sedangkan yang harus disita pertama-tama adalah benda/harta prive (benda pribadi) pihak yang berhutang,” jelasnya.
Menurutnya, apabila benda atau harta pribadi tidak cukup untuk pelunasan hutang, maka dapatlah harta bersama disita juga. Akan tetapi, jika suami yang membuat hutang, harta pribadi istri tidak dapat disita, dan begitu pula sebaliknya.
Namun, lanjut Habib, hutang pribadi yang bisa dimintai pelunasannya dari harta bersama adalah hutang pribadi yang berasal dari perjanjian hutang piutang dengan persetujuan pasangan.
“Hal ini adalah konsekuensi yang logis dari prinsip dalam Pasal 36 ayat (1) Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (UU Perkawinan) yang menyatakan, mengenai harta bersama, suami atau istri dapat bertindak hanya atas persetujuan kedua belah pihak,”jelasnya.
Hal itu lanjut Habib, juga berlaku bagi yang beragama Islam, dimana Pengadilan Agama mengacu pada Pasal 92 dan Pasal 93 ayat 1 Kompilasi Hukum Islam, dimana dijelaskan, suami atau Istri tanpa persetujuan pihak lain tidak diperbolehkan menjual atau memindahkan harta bersama dan
Pasal 93 ayat 1 yang berbunyi, Pertanggungjawaban terhadap hutang pribadi tidak dapat dimintakan terhadap harta pasangan. (byb)

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11