Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Traveling Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Istanafm.com – Tren solo trip mulai bermunculan dan berkembang di Indonesia. Terlebih lagi semenjak pemerintah Indonesia mulai melonggarkan kebijakan pembatasan sosial. Banyak traveler yang sudah lama berdiam diri di rumah, kini mulai bereksplorasi lagi.

Solo trip berbeda dengan perjalanan wisata biasa, karena yang melakukan perjalanan hanya satu orang saja, yaitu kamu. Ketika kamu berlibur, healing, atau keluar kota sendiri, ini sudah termasuk kategori solo trip/travelling.

Banyaknya peminat solo travelling ternyata tidak terlepas dari banyak manfaat yang akan traveller dapatkan selama perjalanan. Buat kamu yang belum pernah mencobanya, coba simak beberapa benefitnya berikut. Dijamin, jiwa petualanganmu akan tergelitik.

1. Kamu akan keluar dari zona nyaman

Solo traveling akan “memaksamu” keluar dari zona nyaman. Kalau traveling bareng teman, kita bangun menunggu teman bangun. Kalau sendirian, kita harus bangun sendiri dengan tepat waktu. 

Kamu benar-benar dilatih menjadi pribadi yang bukan seperti biasanya. Percayalah, itu sangat mengasyikkan!

2. Melatih diri menjadi lebih mandiri

Jadi mandiri? Sudah pasti! Kamu akan belajar tak bergantung dengan orang lain, melawan kemalasan, rasa takut, dan sebagainya. 

Misalnya harus mencari makan sendiri, mencari lokasi wisata sendiri, bertanya kepada warga lokal tentang segala hal, hingga memutuskan apa pun dengan keyakinan sendiri. Saatnya menaklukkan dunia nih!

3. Kamu bakal menemukan jati dirimu

Selama ini pasti kita sering mempertanyakan, siapa kita sebenarnya, untuk apa kita hidup, apa saja hal berfaedah yang sudah pernah kita lakukan untuk orang lain, dan sebagainya.

Tak hanya itu, kita juga sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kurang ini lah, kurang itu lah, tanpa tahu kelebihan kita yang sesungguhnya apa. 

Nah, dengan solo traveling, kita akan menemukan jati diri kita sesungguhnya. Kita akan belajar memahami perbedaan yang tak perlu menjadi masalah atau harus dibanding-bandingkan. Solo traveling akan “memaksa” kita survive di tanah orang. 

Keluar dari zona nyaman akan membuat kita mengeluarkan segala karakter yang selama ini tersembunyi dalam diri. Cobalah!

4. Belajar lebih banyak dari alam dan perjalanan

Alam mengajarkan kita banyak hal, begitu pula dengan perjalanan. Hanya dengan bersolo traveling, kita akan mendapatkan pelajaran berharga dari keduanya. 

Kamu belajar tentang budaya lokal setempat, membaca pertanda alam, hingga bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki sekarang. Sebab, sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan berbagai kondisi masyarakat yang tak seberuntung kamu.

5. Patah hati? Solo traveling bisa menyembuhkanmu

Biasanya kita bercerita kepada sahabat kalau kita sedang patah hati dan galau. Kali ini tidak. Kita justru bisa bercerita dengan alam bahwa hati kita sedang risau. 

Percayalah, akan banyak hal menarik yang akan kamu temukan selama traveling sendirian. Menemukan orang baru misalnya. Kalau tak jadi pacar, bisa jadi sahabat kan? Kamu pun tak akan merasa paling sedih sendirian karena masih banyak orang yang tak seberuntung kita.

6. Bebas!

Bebas mau ngapain aja. Mau ke destinasi A, B, atau pun Z. Mau makan soto, papeda, kuliner ekstrem, atau yang lainnya. Kita tak perlu bertanya kepada partner traveling.

Kita menentukan semuanya sendiri. Hanya dengan bersolo traveling, jiwa dan raga kita akan benar-benar merasa bebas.

Gimana, gak takut lagi solo traveling kan? Percayalah, liburanmu bakal lebih seru!

Source: IDN Times

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11