Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

9 Rahasia Awet Muda, Hidup Sehat dan Jangan Lupa Healing

Istanafm.com – Awet muda merupakan dambaan semua orang, khususnya kaum hawa. Rupanya, ada beberapa rahasia awet muda dan patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Boleh dibilang, cara ini merupakan rahasia awet muda secara alami tanpa menggunakan obat-obatan maupun perawatan tertentu yang kini banyak ditawarkan agar wajah tampak lebih muda.

Jika hal ini mulai diterapkan sejak usia muda, maka hasil awet muda pun bisa didapat. Syaratnya, lakukan berbagai kebiasaan hidup sehat ini secara konsisten.

Kendati begitu, menua sebenarnya bukan hal yang salah atau buruk. Namun, menua dengan wajah dan stamina yang awet muda tentu lebih baik daripada terlihat renta.

Dikutip dari laman Eat This, berikut sembilan rahasia agar awet muda.

1. Banyak minum air putih

Studi menunjukkan dehidrasi memengaruhi elastisitas kulit atau kemampuan kulit untuk meregang dan mengencang kembali ke bentuk aslinya. Konsumsi air putih berpengaruh pada dehidrasi dan elastisitas kulit.

Para ahli menyarankan wanita setidaknya harus minum air putih 3 liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi dan menjaga elastisitas kulit. Bisa dibilang, air putih merupakan minuman awet muda.

2. Kurangi minum kopi

Setelah memperbanyak asupan air putih, sebaiknya Anda mengurangi minum kopi. Terkadang kopi memang dibutuhkan untuk menjaga stamina agar bisa ‘melek’ lebih lama, khususnya ketika banyak kerjaan.

Namun, konsumsi kopi rupanya membuat tubuh menjadi dehidrasi. Padahal, dehidrasi dapat memengaruhi elastisitas kulit. Maka dari itu, sebaiknya kurangi konsumsi kopi.

3. Kurangi konsumsi garam dan gula

Selain kopi, tips agar awet muda berikutnya adalah mengurangi konsumsi garam dan gula harian. Soalnya, konsumsi gula menyebabkan glikasi yang membuat kulit kehilangan kekenyalannya dan menurunkan efisiensi kolagen serta protein yang dapat menjaga kulit agar tampak muda.

Sementara konsumsi garam memicu dehidrasi dalam tubuh yang juga dapat mengurangi elastisitas kulit. Ketika dehidrasi, kulit jadi lebih mudah keriput, kusam, dan menua.

4. Berhenti merokok

Rokok tak hanya mengandung bahan kimia yang mampu memicu berbagai penyakit di organ paru-paru, jantung, dan hati. Namun juga berkontribusi pada penuaan.

Sebab, kandungan bahan kimia dalam rokok dapat menurunkan kadar kolagen, elastin, dan protein dalam tubuh. Padahal, seluruh hal ini berperan untuk menjaga keremajaan kulit.

5. Rajin pakai sunscreen

 
Rahasia awet muda berikutnya adalah rajin menggunakan sunscreen alias tabir surya. Sebab, sinar UV dari matahari dapat merusak kulit dan membuat tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat.

Maka dari itu, penting untuk menggunakan sunscreen minimal SPF30. Bahkan di dalam rumah pun, Anda harus menggunakan sunscreen karena sinar matahari yang masuk melalui jendela tetap bisa merusak kulit.

6. Kelola stres

Stres dapat membuat keriput mudah muncul dan wajah jadi tampak lebih tua. Maka dari itu, penting untuk mengelola stres.

Caranya beragam, mulai dari meditasi, yoga, hingga jenis olahraga lain yang dapat mengeluarkan luapan emosi dan rasa penat di dalam diri.

7. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan hal yang perlu dipenuhi sehari-hari agar tubuh mendapat istirahat usai melakukan berbagai aktivitas.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan BRAIN melaporkan bahwa kebiasaan tidur kurang dari 4,5 jam atau lebih dari 6,5 jam pada malam hari rentan menurunkan kemampuan kognitif seseorang yang menjadi salah satu faktor penyebab penuaan.

8. Perbanyak aktivitas di luar ruangan

Kebiasaan yang juga bisa membuat awet muda adalah melakukan aktivitas di luar ruangan, misalnya dengan berjalan-jalan, berlari, bersepeda sambil menghirup udara bebas dan merasakan sinar matahari.

Hal ini penting untuk mengurangi polusi yang biasa terhirup sehari-hari. Sebab, polusi dapat menimbulkan penuaan dini. Selain itu, aktivitas di luar ruangan dapat menyegarkan tubuh sehingga juga terhindar dari stres.

9. Liburan

Liburan atau yang kini ngetren disebut healing rupanya bukan sekadar gaya hidup kekinian, tetapi merupakan salah satu rahasia awet muda.

Sebab, liburan yang menyenangkan dan mindfulness dapat menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, dan menghindari diri dari penuaan dini.
(uli/fef)

 
Source: CNN Indonesia

Baca artikel CNN Indonesia “9 Rahasia Awet Muda, Hidup Sehat dan Jangan Lupa Healing” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230109124622-282-897885/9-rahasia-awet-muda-hidup-sehat-dan-jangan-lupa-healing.

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11