Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Begini Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ketika Harus Masuk ke Lingkungan Baru

Meningkatkan Rasa Percaya Diri — Seringkali kita merasa minder dan tidak percaya diri ketika harus berhadapan dengan lingkungan yang belum pernah kita pijak sebelumnya.

Mungkin, sobat Istana pernah mengalami hal serupa?

Tidak perlu khawatir, rasa tidak percaya diri adalah hal yang lumrah. Namun bukan berarti disepelekan. Karena tak jarang beragam masalah malah timbul akibat kurang pede. Oleh karena itu, sobat Istana harus paham cara mengatasi situasi tersebut. 

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu di lingkungan baru:

1. Menerima Diri Apa Adanya

Ini adalah bagian paling penting yang akan melandasi sobat Istana sebelum melangkah ke tingkat percaya diri yang tinggi. Sobat Istana harus bisa menerima diri terlebih dahulu, baik kekurangan maupun kelebihan yang dimiliki. 

2. Berjalan Dengan Tegak dan Hindari Menunduk

Berjalan dengan postur tubuh tegak dan tidak menunduk akan mensugestikan diri sendiri untuk lebih percaya diri. Selain itu, orang yang melihat sobat Istana juga akan lebih memandang wibawa yang kamu miliki.

3. Tatap Mata Orang yang Mengajakmu Mengobrol

Ini mungkin menjadi bagian tersulit dan butuh latihan. Akan tetapi, hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting. Seseorang yang kamu tatap matanya ketika sedang berbicara secara otomatis menganggap dirinya dihargai. Implikasinya tentu saja berpengaruh pada rasa penghargaan dari dia ke kamu. Jika terasa sulit, mungkin sobat Istana bisa memulai dengan menatap batang hidungnya, sambil sesekali melirik ke bola matanya. Namun yang harus diingat, hindari menunduk!

4. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Jangan pernah membandingkan diri sobat Istana dengan orang lain di lingkungan baru. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik itu dalam aspek fisik, psikis, serta kemampuan. Ini dapat mendorong sobat Istana dalam situasi minder jika pada nyatanya sobat Istana memiliki kekurangan, serta dapat mengantarkan diri ke kesombongan pula jika sobat Istana memiliki kelebihan. 

5. Tunjukkan Kemampuan Diri

Setelah sukses berinteraksi dengan percaya diri, kini waktunya sobat Istana bersinar. Maksimalkan semua kemampuan yang sobat Istana miliki untuk berpartisipasi dalam lingkungan baru sobat Istana. Tapi ingat, jangan berlebihan, ya! Nanti kamu malah dianggap pamer. Hindari juga berbohong dan mengarang cerita. Kembali ke poin ke-satu, jadilah apa adanya. 


Sekarang sudah tahu kan cara untuk meningkatkan kepercayaan diri sobat Istana ketika baru masuk ke lingkungan baru? Cara-cara di atas tentu tidak sulit selama dibarengi dengan keinginan yang kuat untuk menjadi individu yang lebih berkualitas. 

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11