Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Dinas Sosial Kota Ternate Tertibkan Anak Terlantar dan ODGJ

Kepala Dinas Sosial Kota Ternate, Burhanuddin Abdul Kadir.

Istanafm-Ternate. Dinas Sosial kota Ternate Menyampaikan Program Peningkatan Pelayanan kepada Penduduk Miskin (PPKPM) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial serta Program Keluarga Harapan (PKH).

Burhanudin Abd Kadir yang menjabat sebagai kepala Dinas Sosial di lingkungan Pemda Kota Ternate mempresentasikan Program Peningkatan Pelayanan kepada Penduduk Miskin dan Penyandang masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS),ia mengatakan untuk tahun 2023 saat ini Dinas Sosial sudah melaksanakan kegiatan terkait dengan penertiban PMKS yang berada di Kota Ternate,mengenai dengan Penertiban ini sebenarnya Ranah Satpol PP,aturannya sesuai dengan Peraturan Daerah,dalam hal ini menertibkan Anak Terlantar,ODGJ,dan Disabilitas.

Dinas Sosial pun melakukan Pendataan dan Pemetaan terkait PMKS yang ada di kota Ternate ini,melakukan Pendekatan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab,Dinas Sosial secara otomatis melakukan Penjaminan Sosial juga melakukan Edukasi Terhadap PMKS yang ada di kota Ternate ini,Dengan Tujuan Supaya mereka tidak turun lagi ke jalan.

Kadis menambahkan pula soal Anggaran Tahun 2023 yang di gelontorkan untuk Program Keluarga Harapan (PKH),terkait dengan Program PKH adalah Program Nasional sumber Anggarannya berasal dari APBN,Sesuai dengan jumlah PKH yang ada di seluruh Indonesia kemudian Anggaran APBN itu di anggarkan untuk semua KPM yang ada di Indonesia.

Untuk Kota Ternate ada 61 Pendamping PKH,ia juga mengatakan seharusnya anggaran dari Pemda Kota Ternate sharing dengan anggaran Pemerintah Pusat sebesar 5%, Alasannya karena keterbatasan anggaran dari Pemda Kota Ternate ini sehingga belum dapat Mendongkrak semua kegiatan yang ada di Dinas Sosial kota Ternate.

Anggaran untuk PKH dari Pemda Kota Ternate bisa mendukung hanya sebatas biaya Operasional dan Taliasi buat Pendamping PKH itu sendir. Dinas Kota Ternate selalu Intens melakukan Sosialisasi dengan pendamping PKH ini dengan tugas dan tanggung jawab dan mereka melakukan Pendampingan di Masyarakat yang ada di kelurahan dari seluruh kecamatan yang ada di kota Ternate iniDinas Sosial kota Ternate Menyampaikan Program Peningkatan Pelayanan kepada Penduduk Miskin (PPKPM) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial serta Program Keluarga Harapan (PKH).

Dinas Sosial secara otomatis melakukan Penjaminan Sosial juga melakukan Edukasi Terhadap PMKS yang ada di kota Ternate ini,Dengan Tujuan Supaya mereka tidak turun lagi ke jalan.Kadis menambahkan pula soal Anggaran Tahun 2023 yang di gelontorkan untuk Program Keluarga Harapan (PKH),terkait dengan Program PKH adalah Program Nasional sumber Anggarannya berasal dari APBN,Sesuai dengan jumlah PKH yang ada di seluruh Indonesia kemudian Anggaran APBN itu di anggarkan untuk semua KPM yang ada di Indonesia.

Untuk Kota Ternate ada 61 Pendamping PKH,ia juga mengatakan seharusnya anggaran dari Pemda Kota Ternate sharing dengan anggaran Pemerintah Pusat sebesar 5%,Alasannya karena keterbatasan anggaran dari Pemda Kota Ternate ini sehingga belum dapat Mendongkrak semua kegiatan yang ada di Dinas Sosial kota Ternate. Anggaran untuk PKH dari Pemda Kota Ternate bisa mendukung hanya sebatas biaya Operasional dan Taliasi buat Pendamping PKH itu sendiri,Dinas Kota Ternate selalu Intens melakukan Sosialisasi dengan pendamping PKH ini dengan tugas dan tanggung jawab dan mereka melakukan Pendampingan di Masyarakat yang ada di kelurahan dari seluruh kecamatan yang ada di kota Ternate ini.

Untuk Taliasi Pendamping PKH yang biayanya bersumber dari APBD,Ada sebanyak 61 orang ,per orang mendapatkan dana Rp.350.000,/bulan dikalikan dengan 12 lalu dikalikan dengan 61 maka total anggaran yang Pemda Suport untuk kegiatan Pendampingan mereka di lapangan sebesar Tujuh Puluh Lima Juta Enam Ratus Ribu Rupiah.

Sedangkan untuk operasional mereka hanya sebatas administrasi,itu hanya Tujuh Juta Rupiah saja,alasannya mengingat Keterbatasan Anggaran yang dimiliki saat ini,kadis juga tetap optimis dengan mengatakan Insya Allah kedepan kalau Anggaran di kota Ternate sudah membaik Dinas Sosial pun lebih leluasa Tingkatkan dan mendorong operasional mereka. (Bayu)

 

 

 

Avatar

Mario

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11