Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Gaji Molor, ASN Pemprov Mengeluh

Rahwan: Paling Lambat Senin

 

Malutpost, Sofifi  – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) keluhkan pembayaran gaji bulan Februari. Pasalnya, sampai tanggal 9 kemarin, gaji mereka belum juga dibayarkan.

Beberapa ASN ketika ditemui di kantor gubernur, Kamis (9/2) mengaku, biasanya tanggal 5 gaji sudah masuk ke rekening, namun kali ini molor hingga tanggal 9 bulan ini gaji mereka belum dibayar. Para pegawai ini mengaku sudah menanyakan ke Bendahara masing-masing instansi, namun alasannya Bendahara Sekretaris Provinsi (Sekprov) Samsudin A. Kadir belum menandatangani uslan pencairan gaji ASN. “Entah apa kendalanya, baru kali ini gaji ASN belum dibayar hingga tanggal 9, kan gaji ini kebutuhan dasar kita,” tandas para ASN kepada wartawan, di halaman kantor gubernur.

 

Mereka mengaku, di tahun-tahun sebelumnya meskipun APBD belum jalan atau masih dievaluasi di kemendagri, gaji ASN tetap dibayar, karena menggunakan Peraturan gubernur (Pergub). Tidak hanya gaji, tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) juga tertunggak hingga tiga bulan, terhitung sejak November-Desember 2022 dan Januari bulan berjalan. “Kita berharap pak Sekrov bisa segera menandatangangi dokumennya, agar gaji kami bisa terbayarkan. Jangan hanya menuntut pegawai masuk kantor, giliran hak pegawai alasan sibuk,” tutur salah satu pegawai yang namanya tidak mau dipublikasikan.

 

Sementara Kepala Biro Administrasi Pempinan (Biro Adpim) Setdaprov Malut Rahwan K. Suamba menjelaskan, masalah keluhan ASN sudah ditindaklanjuti Sekrov dan saat ini sudah di proses di Bank, sehingga hari ini atau Senin pekan depan seluruh gaji ASN sudah terbayar. “Sudah diproses, mungkin besok (hari ini) atau Senin seluruh gaji sudah dibayar,” kilahnya.

 

Sementara terakhir TPP kata Rahwan, masih menunggu DPA APBD, karena anggaran TPP ditampung melalui APBD. Jika DPA sudah ada maka masing-masing instansi bisa mengajukan permintaan pembayaran. “Insya Allah bulan ini sudah dibayar TPP, karen Noreg APBD juga sudah ada dan tinggal proses DPA,” pungkasnya. (din/udi)

 

Sumber: Harian Malut Post Edisi Jum’at 10 Februari 2023

Editor: Rusdi Abdurrahman

Peliput : Samsudin Chalil

 

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11