Next Post

Kebiasaan yang Bikin Tubuh Gampang Capek, Susah Bilang ‘Tidak’

Istanafm.com – Rasa lelah adalah hal yang biasa. Tapi, bagaimana jika rasa lelah begitu mudah muncul meski tubuh rasanya tak terlalu sibuk berkegiatan?

Faktanya, ada beberapa kebiasaan yang bikin tubuh gampang capek. Akibatnya, Anda kerap merasa lesu seharian.

Umumnya, rasa lelah muncul saat tubuh sedang dalam kondisi tidak sehat. Namun, faktanya rasa lelah bisa muncul kapan saja.

Kebiasaan yang bikin tubuh gampang capek

Dalam kebanyakan kasus, kelelahan dapat diatasi oleh gaya hidup dan modifikasi menu makan harian. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui penyebab tubuh gampang lelah.

 
Beberapa penyebab di antaranya kerap dilakukan sehari-hari. Berikut di antaranya, mengutip berbagai sumber.
1. Bergadang dan kurang tidur
Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara menyeluruh. Kurang tidur jadi salah satu kebiasaan yang bikin tubuh gampang capek.

Mengutip Healthline, tubuh melakukan sejumlah proses penting selama tidur. Hal ini akan menimbulkan perasaan segar saat tubuh terbangun.

 
Orang dewasa disarankan tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam.
2. Sering ngopi
Pada dasarnya, asupan kafein memang bisa memberikan energi. Namun, terlalu banyak asupan kafein dalam sehari justru bisa membuat Anda merasa lelah keesokan harinya.

Hal ini disebabkan oleh efek samping kafein yang bisa mengganggu kualitas tidur seseorang. Terlalu banyak asupan kafein hanya akan membuat seseorang lebih sulit tertidur, yang ujungnya menimbulkan rasa lelah.

3. Jarang minum
Hidrasi berperan penting untuk menjaga energi tetap stabil. Pasalnya, banyak reaksi biokimia dalam tubuh yang mengakibatkan hilangnya air.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi menyebabkan tingkat energi yang lebih rendah dan penurunan kemampuan untuk berkonsentrasi.

4. Sarapan tanpa karbohidrat
Banyak orang melewatkan asupan karbohidrat demi program penurunan berat badan. Padahal, absennya karbohidrat saat sarapan bisa membuat tubuh mudah lelah sepanjang hari.

Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk menghasilkan bahan bakar. Mengutip Hella Health, studi menemukan bahwa orang yang melewatkan asupan karbohidrat cenderung lebih mudah lelah daripada mereka yang mengonsumsi karbohidrat.

Tak perlu khawatir akan asupan karbohidrat saat sarapan. Anda dapat memilih karbohidrat yang seat seperti gandum.

 
5. Membiarkan kamar atau meja kerja berantakan
Jika Anda merasa mudah lelah, maka cek kondisi kamar atau meja kerja Anda. Jika terlihat berantakan, maka rasa lelah yang mudah muncul adalah perkara normal.

Kondisi kacau atau berantakan dapat menyedot energi. Sebuah penelitian menemukan bahwa kekacauan rentan membuat otak merasa kewalahan dan sulit berkonsentrasi.

6. Sibuk di depan layar komputer
Duduk di depan layar komputer selama berjam-jam bisa menimbulkan perasaan lelah. Hal ini dimanifestasikan dalam kondisi medis yang disebut computer vision syndrome.

Computer vision syndrome adalah kondisi saat tubuh merasa kewalahan setelah berada di depan layar komputer dalam waktu lama. Gejalanya bisa berupa kelelahan, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

Untuk itu, coba luangkan waktu untuk beranjak sejenak dari kursi dan layar komputer. Anda bisa coba alihkan pandangan ke arah lain dalam beberapa waktu.

7. Bersikap perfeksionis
Berjuang untuk menjadi sempurna membuat seseorang bekerja lebih keras, atau bahkan lebih lama dari yang diperlukan.

“Anda menetapkan tujuan yang sangat tidak realistis sehingga sulit dicapai. Pada akhirnya, tidak ada rasa kepuasan diri,” ujar ahli kesehatan jiwa Irene S Levine, mengutip Time.

Pikiran-pikiran seperti di atas pada akhirnya akan menimbulkan rasa cemas, yang perlahan membutuh jadi terasa gampang lelah.

8. Susah bilang ‘tidak’

Wajar saja jika ingin membuat orang lain senang. Tapi, jangan sampai hal tersebut justru mengorbankan energi dan kebahagiaan Anda sendiri.

Psikolog klinis Susan Albers mengatakan kebiasaan selalu mengiyakan permintaan orang lain akan membuat seseorang merasa mudah lelah. Betapa tidak, menyetujui permintaan seseorang membuat beban terus bertambah.

Demikian beberapa kebiasaan yang bikin tubuh gampang capek. Hindari beberapa kebiasaan di atas agar tubuh tetap berenergi. (Asr)

 
 
 
Source: CNN Indonesia
Artikel ini telah tayang di laman CNN Indonesia dengan judul “8 Kebiasaan yang Bikin Tubuh Gampang Capek, Susah Bilang ‘Tidak'” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230215083702-255-913210/8-kebiasaan-yang-bikin-tubuh-gampang-capek-susah-bilang-tidak.

 
ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11