Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Malam Istimewa Sudah Didepan Mata, Apa itu Nisfu Syaban?

Ilustrasi.

Istanafm – Umat Islam sebentar lagi akan berhadapan dengan malam Nisfu Syaban. Malam ini dianggap sebagai malam yang istimewa. Apa itu Nisfu Syaban?

Pada tahun 2023, Nisfu Syaban akan jatuh pada Rabu (8/3) mendatang. Sementara malam Nisfu Syaban akan jatuh pada Selasa (7/3).

Nisfu Syaban adalah hari ke-15 di bulan Syaban. Malam Nisfu Syaban menjadi salah satu waktu yang dimuliakan dalam kepercayaan Islam.

Umat Islam dianjurkan untuk menjalankan berbagai amalan saleh untuk mendapat pahala dari Allah SWT.
 
Syaban sendiri merupakan bulan yang istimewa. Melansir NU Online, kata Syaban diambil dari kata syin, ain, dan ba’. Semuanya memiliki arti cabang.

Arti dari cabang ini yakni seperti pohon yang memiliki banyak cabang dan ranting. Artinya, ada banyak cabang kebaikan yang bisa dilakukan di bulan Syaban.

Penjelasan terkait amalan saleh yang dianjurkan untuk dilakukan di malam Nisfu Syaban ini juga tertuang dalam kitab Qalyûbî wa ‘Umairah:

“Disunahkan menghidupkan malam hari raya, Idulditri dan Iduladha, dengan berzikir dan shalat, khususnya shalat tasbih. Sekurang-kurangnya adalah mengerjakan shalat Isya berjamaah dan membulatkan tekad untuk shalat Subuh berjamaah. Amalan ini juga baik dilakukan di malam Nisfu Syaban, awal malam bulan Rajab, dan malam Jumat karena pada malam-malam tersebut doa dikabulkan.”

Jika masih mempertanyakan apa itu Nisfu Syaban, banyak yang bisa dijelaskan. Salah satunya soal penamaan.

Nisfu Syaban memiliki banyak nama yang hampir semuanya menunjukkan keistimewaan dan kemuliaan.

Misalnya, nama lailatul bara’ah, yakni malam pembebasan atau pengampunan dari Allah SWT terhadap umat Nabi Muhammad SAW. Pada malam ini, banyak dosa-dosa kecil yang mendapat ampunan.

Malam ini perlu dimuliakan agar saat menghadapi Ramadan, hati dan perasaan sudah kembali suci. Suasana hati juga lebih khidmat dalam menjalankan ibadah.

Itulah jawaban atas pertanyaan apa itu Nisfu Syaban, hari yang dilimpahi keberkahan dan pahala dari Allah SWT. (tst/asr)

 
 
 
 
Source: CNN Indonesia

Artikel ini telah tayang di laman CNN Indonesia dengan judul “Malam Istimewa Sudah di Depan Mata, Apa Itu Nisfu Syaban?” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230302115435-284-919808/malam-istimewa-sudah-di-depan-mata-apa-itu-nisfu-syaban.

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11