Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Plaza Dilelang 6,8 M

Malutpost, Ternate – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate sudah membuka proses pelelangan Gedung Plaza Gamalama Modern. Pelelangan dibuka secara umum. Pemkot juga sudah membentuk tim panitia tender untuk bangunan empat lantai itu, setelah ditetapkan sebagai aset daerah.

“Saat ini, tim lagi fokus untuk cari calon peminat. Kita juga sudah buatkan spanduk untuk ditaruh didepan gedung plaza sama di Bandara Babullah,” kata Ketua tim panitia tender Plaza Gamalama Modern, Salim Albar, Rabu (18/1).

Dijelaskan, proses tender akan dilakukan bertahap. Mulai dari mencari calon peserta lelang atau peminat. Setelah itu, jika sudah cukup peminat (minimal 3) baru dilakukan verifikasi dokumen peminat. Tender dilakukan lewat ULP Setda Kota Ternate. “Apabila lolos pada tahap pertama, maka calon peserta yang lolos verifikasi nnati akan ikut dalam proses tender, dan kita akan tentukan pemenangnya,” ujarnya.

Salim menyebut, nilai lelang Plaza Gamalama sebagaimana penghitungan tim penilai (Appraisal) adalah Rp6,8 miliar per tahun. Namun, panitia menginginkan untuk mendapat nilai lelang lebih dari itu. “Yang jelas, asal jangan di bawah standar nilai yang telah ditentukan,” tutur Salim.

Dikatakan, bangunan tersebut sesuai dengan laporan dari dinas PUPR, sudah bisa difungsikan. Sebab beberapa titik yang sempat rusak juga sudah diperbaiki.

“Yang jelas semua pembayaran, balik ke pihak ketiga dan lainnya sudah selesai termasuk perbaikan gedung juga sudah dilakukan dan sudah dilelang,” ujarnya.

Terkait peminat, lanjut Salim saat ini baru 1 perusahaan yang sudah ajukan dokumen minat secara tertulis ke tim pelelangan. Itu diajukan sejak Februari tahun 2022 lalu.

“Baru satu yang buat permintaan, kalau tidak salah nama perusahaan itu PT Rumah Rasa Indonesia. Minimal tiga PT baru kita putuskan siapa pemenangnya,” terangnya. Disamping itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta tender. Diantaranya adalah harus memiliki nomor wajib pajak, membuat surat pakta integritas yang mampu dipatuhi, serta bersedia merawat Gedung Plaza Gamalama Modern sampai selesai masa kontrak.

“Peserta tender juga harus menyampaikan dokumen penawaran disertakan dengan dokumen pendukung lainnya, termasuk juga surta domisili tetap,” tandas Salim.

Progres pelelangan gedung plaza Gamalama ini, mendapat dukungan penuh dari Komisi II DPRD Kota Ternate. Anggota komisi II DPRD Kota Ternate Sudarno Taher, mengatakan gedung empat lantai tersebut memang sudah seharusnya dimanfaatkan.

“Tentu kami di komisi II sangat mendukung rencana pemanfaatan Plaza Gamalama, karena dia sudah masuk dalam salah satu objek PAD tahun 2023. Jadi memang sudah harus dimanfaatkan, kami mendukung itu,” tandas politikus PKS ini. (cr-01/yun)

 

Sumber: Harian Malut Post Eidisi Jumat, 20 Januari 2023

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11