Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Daftar 5 Klenteng Terbesar di Indonesia, Sambut Meriah Perayaan Imlek

Istanafm.com, Jakarta – Perayaan Tahun Baru Imlek 2023 tinggal menghitung hari. Klenteng-klenteng di Indonesia pun bersolek dengan dekorasi-dekorasi menarik.

Warna merah dan emas mendominasi klenteng untuk menyambut Tahun Baru Imlek kali ini. Pernak-pernik khas Imlek juga sudah terpasang, sehingga kemeriahan perayaan tahunan warga Tionghoa ini semakin terasa.

Di Indonesia, banyak terdapat klenteng yang turut memeriahkan perayaan Imlek. Beberapa di antara klenteng itu bahkan menjadi pusat perayaan Imlek di tanah air.

Tidak sedikit bangunan klenteng di Indonesia yang berusia tua dan juga bersejarah. Sejumlah klenteng ini juga memiliki bangunan yang megah dan luas, dilengkapi dengan fasilitas memadai, baik untuk mereka yang ingin beribadah maupun yang berwisata.

Menyambut perayaan Imlek tahun ini, tak ada salahnya mengenal klenteng-klenteng terkenal dan terbesar yang ada di Indonesia, berikut daftarnya.

1. Klenteng Surga Neraka di Singkawang, Kalimantan Barat

Klenteng Surga dan Neraka ini adalah klenteng terbesar di Kalimantan Barat dan merupakan pusat beribadah orang Tionghoa di wilayah Singkawang. Lokasinya berada di Kampung Sempalit, yaitu sekitar 12 km dari pusat kota Singkawang.

Ada bangunan berupa relief naga yang sangat besar di klenteng ini. Ada juga patung dewa-dewi yang merupakan kepercayaan orang Tionghoa.

2. Klenteng Tay Kak Sie di Semarang, Jawa Tengah

Semarang memiliki Klenteng Tay Kak Sie yang populer, karena keberadaan replika kapal Laksamana Cheng Ho yang ada di gerbang pintu masuk utama klenteng ini. Setiap hari, Klenteng Tay Kak Sie ramai didatangi pengunjung.

Jelang perayaan Imlek, suasana meriah sudah sangat terasa di klenteng ini dengan hiasan pernak-pernik serta cat merah dan emas yang mendominasi. Banyak simbol dan ornamen di Klenteng Tay Kak Sie yang sengaja dibikin seperti abad ke-19.

3. Klenteng Kwan Sing Bio di Tuban, Jawa Timur

Kemegahan Klenteng Kwan Sing Bio di Tuban, Jawa Timur sudah dikenal di Asia Tenggara. Sebab, klenteng ini termasuk salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Bangunannya terbilang megah dengan luas sekitar 4 hektare.

Letaknya berada di Jl. RE Martadinata, Karangsari, Tuban. Klenteng ini menawarkan fasilitas dan pengalaman menarik bagi mereka yang berkunjung, karena terdapat pusat kuliner dan oleh-oleh khas China di sekitarnya.

4. Klenteng Cu An Kiong di Rembang, Jawa Tengah

Jika kamu sedang berada di Rembang, Jawa Tengah, sempatkan mampir ke Kelenteng Cu An Kiong yang unik di Jl. Dasun No. 19 Soditan, Kab. Rembang. Bangunan klenteng ini terbuat dari ukiran kayu berwarna-warni yang cukup megah.

Area klenteng ini pun terbilang luas, di mana pengunjung bisa melihat altar yang dipakai Makco Tian Siang Sing Bo, yatu dewi laut yang menjadi kepercayaan orang Tionghoa. Tapi, pengunjung dilarang masuk ke area utama dan hanya boleh melihat dari luar.

5. Kelenteng Tri Dharma Candra Nadi di Palembang, Sumatera Selatan

Di Palembang, Sumatera Selatan, terdapat Klenteng Tri Dharma Candra Nadi, yang cukup ikonik. Klenteng ini dulu merupakan pusat pengobatan penyembuhan berbagai macam penyakit, sehingga tidak sedikit warga Tionghoa yang percaya dengan beribadah di Tri Dharma Candra Nadi mampu menyembuhkan penyakit.

Lokasi klenteng ini berada di Jl Perikanan No 10 Ulu, Palembang. Pengunjung bisa menggunakan perahu getek yang disediakan untuk menikmati keindahan bangunan Klenteng Tri Dharma Candra Nadi. Setiap perayaan Imlek, klenteng ini begitu semarak dan meriah, dengan hiasan serta ornamen khas.
(wiw)

 
Source: CNN Indonesia

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul  “Daftar 5 Klenteng Terbesar di Indonesia, Sambut Meriah Perayaan Imlek” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230119123036-269-902443/daftar-5-klenteng-terbesar-di-indonesia-sambut-meriah-perayaan-imlek/2.

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11