Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Kebiasaan Makan yang Bikin Tambah Sehat di Tahun 2023

Istanafm.com – Makan adalah kegiatan yang kita lakukan setiap hari. Apa yang masuk ke dalam mulut, dicerna dan diserap nutrisinya menjadi energi. Pola makan kita sehari-hari juga mempengaruhi kesehatan kita. Memperbaiki pola makan kita dengan hal-hal kecil, memberi dampak baik bagi tubuh kita. Coba terapkan 5 hal ini untuk perubahan yang lebih baik di diri kita di tahun 2023.

1. Makan telur untuk sarapan

Sering bingung untuk menu sarapan sehat? Jawabannya gampang banget loh, makan telur! Kenapa? Karena telur kaya akan protein berkualitas tinggi dan banyak nutrisi penting seperti kolin. Terlebih jika kamu ingin menurunkan berat badan, makan telur di pagi hari meningkatkan perasaan kenyang. 

Jadi, mengganti sarapan kamu dengan telur memberikan manfaat besar bagi kesehatan. 
Mengolah telur sangat simpel, untuk yang tidak mau repot, kamu tinggal merebusnya saja loh!

2.Makan buah asli, daripada jus

Dilansir dari healthline.com via Idn Times, makan buah dapat menurunkan risiko beberapa kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Karena buah-buahan mengandung serat dan berbagai senyawa tumbuhan. 

Saat makan buah, pemecahan gula akan terjadi pertama di mulut, lalu di lambung, dan berakhir pada penyerapan di usus kecil. Hal ini membuat gula lebih lama diserap dan tidak begitu cepat meningkatkan gula darah. Berbeda dengan jus buah, yang sering ditambahi pemanis dan kandungan lainnya. Jus buah lebih cepat dicerna oleh sistem pencernaan daripada makan sepotong buah segar utuh.

Jus buah memiliki tekstur cairan, kandungan zat gizi dalam jus buah lebih cepat dipecah dan diserap oleh tubuh. Hal ini membuat gula darah cepat naik sehingga tidak baik untuk pasien diabetes tipe 2 ataupun diabetes tipe 1.

3. Perbanyak makan ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Rencanakan makan ikan minimal 2 kali dalam seminggu, termasuk ikan berminyak seperti ikan sarden, ikan kembung, atau ikan salem. Ikan berminyak tinggi lemak omega-3, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. 

4. Mengurangi garam

Dilansir dari nhs.uk, makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah. Terlebih lagi untuk orang dengan tekanan darah tinggi, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke. Untuk orang dewasa, batas konsumsi garam per hari tidak lebih dari 6 g. 

Jika konsumsi garam kamu terasa berlebih dalam sehari, minumlah air lebih sering, serta makan makanan mengandung banyak kalium seperti pisang atau perbanyak gerak. Hal ini membatu membuang kelebihan garam dalam tubuh.

5. Perbanyak makan sayur

Sudah bukan rahasia lagi, sayuran merupakan salah satu sumber serat terbaik. Nutrisi di dalam sayur juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuhmu terutama kesehatan usus dan bisa mengurangi risiko terkena kanker tertentu.

Jika selama ini kamu kesulitan makan sayur, karena rasanya yang hambar atau tekstur yang tidak disukai, coba olah dengan memotong lebih kecil-kecil atau mencampurkan dengan lauk, misalnya sayuran capcay dicampur dengan ayam atau seafood.

Apa yang masuk ke dalam tubuh hari ini, mempengaruhi tubuh kita di masa mendatang. Tidak ada kata terlambat untuk berubah dan menjadi lebih sehat. Yuk kita mulai kebiasaan kecil dari sekarang. Walau kecil, jika dilakukan konsisten, percaya deh hasilnya akan besar!

Source: IDN TIMES

Penulis: Puteri rii

Artikel ini telah tayang di laman IDN.Times dengan judul “5 Kebiasaan Makan yang Bikin Tambah Sehat di Tahun 2023”

ISTANA FM

ISTANA FM

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11