Next Post

Banjir Menggenangi Puluhan Rumah di Desa Panamboang

IMG-20230712-WA0067

HALSEL ISTANAFM – Hujan yang menguyur wilayah kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) membuat sejumlah desa di Panamboang Kecamatan Bacan Selatan Halsel terkena banjir akibat sungai meluap, Rabu (12/7/2023).
Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halsel, Muhammad Ikhwan Iskandar Alam, membenarkan adanya rumah warga di desa Panamboang yang terkena banjir.
Saat ini, lanjut Kalak, pihaknya masih mendata terkait dengan jumlah rumah dan kepala keluarga yang terkena dampak banjir tersebut.
“Desa Panamboang RT 07 Panamboang Tanjung ada 39 Kepala Keluarga (KK), RT 08 ada 4 KK yang terkena dampak banjir, sementara jadi totalnya 43 KK,”tandasnya.
Saat ini, BPBD mengambil langkah untuk mengatasi banjir susulan dan masih berkoordinasi dengan sekretaris daerah dan SKPD terkait untuk langkah awalnya.
Kalak menghimbau agar warga setempat berikhtiar terutama didaerah bantaran sungai, lantaran sampai saat ini cuaca alam masih terus diguyur hujan.”Cuaca belum belum bersahabat, maka langkah ihktiar warga itu yang utama,”ujarnya.
Sementara itu, Abdullah, ketua RT 08, menjelaskan, hujan deras sejak pukul 13.30 hingga 15.20 WIT dan air mulai meluap ke rumah-rumah yang berada di bantaran sungai yang penuh dengan tumpukan kayu dan sampah sehingga air sungai meluap dan mengenangi pemukiman warga.
“Air setinggi 1 meter menggenangi 4 rumah di RT 08 dan 39 rumah di RT 07, sementara warga yang terkena banjir sudah diungsikan ke pasar ikan milik Usaha Mina, sementara 4 KK di RT 08 mengungsi ke rumah keluarga,”jelasnya.(bib)

 

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11