Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Caleg Perindo Dapil 1 Halsel Saling Curi Suara

tps-bertema-kangen-sekolah_169

HALSEL ISTANAFM.COM – Saling sikut terjadi pada Internal Partai Indonesia Raya (Perindo) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada Daerah Pemilihan (Dapil) 1.
Masalahnya Calon Legislatif (Caleg) Partai Perindo Dapil I saling curi suara, dimana suara salah satu Caleg Partai Perindo dialihkan ke Caleg Partai Perindo yang lain.
Hal itu dikatakan Caleg Partai Perindo Nomor urut 5 Partai Perindo Dapil 1, Yandri Bakhtiar, Kamis (29/02/2024).
Ditambahkan, dirinya memiliki suara di Desa Loleo Mekar TPS 2 sebanyak 20, namun saat penghitungan suara pada 14 Februari 2024 lalu, petugas PPS hanya membacakan hasil suara miliknya hanya 7 suara dan sisanya dialihkan ke Caleg nomor urut 2 atas nama Irawan Adama.
Hal itu, lanjut Yadri, juga terjadi di Desa Loleo Jaya, dimana suara Caleg lain tapi yang dibacakan suara milik Irawan Adam.
”Masalah ini sudah saya laporkan ke Bawaslu, namun hingga saat ini tidak pernah di gubris,”tandasnya.
Yandri menambahkan, saat pergitungan sura di tingkat TPS, ada saksi sudah melakukan komplen dan meminta untuk melakukan perhitungan ulang dan saat itu PPS sudah bersedia menghitung ulang pada Jumat (15/2/2023), namun rencana penghitungan ulang di interfensi oleh PPK kemudian meminta saksi memasukan fom keberatan agar penghitungan ulang dilakukan saat pleno tingkat kecamatan. Namun pada saat pleno kecamatan fom keberatan yang diajukan saksi tidak digubris.
“Jadi fom keberatan kami tidak di indahkan, karena ketua PPK merupakan kakak kandung dari Caleg Irawan Adam, kemudian saksi saat pleno ditingkat Kecamatan juga sudah diseting sehingga Irawan yang ditunjuk menjdi saksi,”cetusnya.
Yandri menegaskan, jika Bawaslu dan KPU ingin menyelesaikan masalah di Perindo, maka satu satunya jalan kotak suara harus di bongkar pada saat pleno tingkat Kabupaten, sehingga semua fakta bisa di lihat.
“Saya tidak menuntut apa apa, tapi Bawaslu dan KPU harus bongkar kotak dan melakukan penghitungan ulang di Desa Loleo Jaya dan Loleo mekar, sehingga suara milik Caleg lain dikembalikan,”pungkasnya. (Byb)

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11