Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Dilepas Dandim 152/Babullah

IMG_20231217_142515

Ternate Istana.News – Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape Pertama,Sabtu (17/12/2023) di lepas keberangkatannya oleh Komandan Korem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP, bertempat di Makorem 152/Baabullah, jln. A.M Kamarudin no.1 Kel Sangaji Kecamatan.Ternate Utara Kota Ternate.
Danrem 152/Baabullah saat pelepasan membacakan amanat Pangdam XVI/Pattimura yang mengatakan, kegiatan gerak jalan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang dilaksanakan setiap menjelang peringatan Hari Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember merupakan tradisi prajurit korps Infanteri untuk mengenang kembali peristiwa bersejarah 75 tahun silam
Ditambahkan, salah satu peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah korps Infanteri adalah saat menghadapi agresi militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948, dengan melaksanakan perang rakyat semesta dimana pasukan yang hijrah melaksanakan Wingate dengan cara Longs March dengan membentuk kantong – kantong kekuatan sebagai titik kuat pertempuran gerilya.
Bentuk dan siasat pertempuran yang digunakan, lanjut dia, merupakan taktik dan strategi prajurit infanteri dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan.
Dijelaskan, penyelenggaraan gerak jalan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya adalah salah satu tradisi korps infanteri bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan semangat kebanggaan, jiwa korsa dan soliditas prajurit.
“Kegiatan Peleton beranting juga bertujuan unyuk menanamkan nilai-nilai kejuangan’ semangat pantang menyerah dan keteladanan Panglima besar Jenderal Soedirman kepada generasi mudi indonesia, khususnya generasi muda TNI angkatan Darat.” ucap Danrem’
Dalam Etape Pertama ini, titik star dari Makorem 152/BBL, pasukan terdiri dari 1 Pleton inti satuan Yonif 732/Banau, 1 peleton Pengawal gabungan Balakrem dan 1 peleton Non TNI pengantar dari Basarnas yang menempuh jarak 20 KM.
Untuk kegiatan etape 2 pasukan terdiri dari 1 peleton inti satuan Yonif 732/Banau, 1 peleton pengawal dari Lanal Ternate peleton dan 1 peleton pengantar Non TNI dari Brimob Polda Malut yang akan dilepas oleh Asisten III Gubernur mewakili Gubernur Maluku Utara bertempat dilapangan Kelurahan Taduma dengan jarak 20 KM.
Sementara Etape ke 3 dengan jarak tempuh 21 KM, pasukan terdiri dari 1 Peleton inti satuan 732/Banau, 1 peleton pengantar dari Korem dan Kodim 1501/Ternate, sedangkan 1 peleton pengantar Non TNI berasal dan FKPPI dan Hipakad yang akan diberangkatkan oleh Wakapolda Maluku Utara.(Penrem152/tim).

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11