Next Post

Ritual Popas Lipu Digelar Kesultanan Bacan Sambut Muharam

IMG_20230719_090935

HALSEL ISTANAFM – Dalam menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah atau 2023 Masehi, Kesultanan Bacan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) kembali melaksanakan ritual adat Popas Lipu pada Rabu (19/7/2023) yang dipusatkan di Masjid Kesultanan Bacan Desa Amasing Kota Kecamatan Bacan Halsel.

Pembacaan doa syukuran dan doa tolak bala yang dipimpin oleh para imam Masjid Kesultanan Bacan mengawali proses popas lipu di halaman masjid Kesultanan Bacan.

Setelah proses pembacaan doa, dilanjutkan dengan Popas Lipu atau keliling kampung dengan rute, Masjid Kesultanan Bacan menuju Benteng Barnavel, kemudian melalui terminal Tomori, swering Tomori, Lokasi Zero Point, kompleks Habibie Pelabuhan Lama, selanjutnya memasuki kawasan Labuha hingga ke ujung Desa Amasing Kota Barat melewati jalan Kali Inggoi dan berakhir di Masjid Kesultanan Bacan.

Dalam rute popas lipu, juga dilakukan pembacaan doa untuk menjauhkan negeri dari bencana dan doa untuk kemakmuran di sejumlah titik.

Ompu Mochdar Salim Gani Arif, Jogugu Kesultanan Bacan menjelaskan, Popas Lipu ini adalah ritual keagaam secara turun temurun yang dilaksanakan oleh leluhur negeri ini dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat adat dan paguyuban se Halsel.

Ditambahkan dalam menyambut datangnya bulan Muharam, setiap tahun di Kesultanan Bacan selalu melaksanakan ritual adat Popas Lipu atau keliling kampung

Dijelaskan, popas Lipu ini, meruapkab ritual sebagai rangkaian thawaf tolak bala di luar masjid untuk kemashlahatan umun, milik kita semua, dari kita untuk kita dan oleh kita.

“Semoga keberkahan selalu menyertai negeri kita, sehingga pada tahun selanjutnya, kita senantiasa dihindari dari Allah SWT dari segala musibah dan malapetaka,”harapnya.

Ritual adat Popas Lipu juga dihadirii Sekda Halsel mewakili Bupati Halsel, unsur Forkopimda, Kajari, Waka Polres, Kasdim 1509 Labuha, pihak perangkat masjid kesultanan Bacan, masyarakat adat Kesultanan Bacan, Gema Suba, paguyuban, ormas, OKP serta masyarakat umum lainnya. (byb)

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11