Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Tingkatkan Tata Kelola Aset Tanah, BPKAD Halsel Terapkan Inovasi SIMANTAP HALSEL

IMG_20231124_010303

Halsel, Istana.News – Bidang Pengelolaan Aset Dan Kekayaan Daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Halmahera Selatan saat ini menghadirkan Inovasi dalam tata kelola Aset Tanah Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan pada Implementasi Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator.
Sutrisno Tess, SE sebagai reformer saat diwawancara diruang kerjanya menjelaskan, dalam aksi perubahan Pelatihan Administrator Angkatan VI yang diselenggarakan oleh PPSDM Kemendagri Regional Makassar Tahun 2023. menyampaikan, gagasan ini muncul disebabkan karena belum optimalnya Pengelolaan Aset Tanah Pemerintah Daerah. Kamis (23/11/2023)
“ Pada pengelolaan aset tanah masih belum optimal sehingga status Aset yang diminta oleh pimpinan atau Auditor seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama”, Ungkap Risno.
Menurutnya, belum optimalnya pengelolaan aset tanah ini sehingga pihaknya kesulitan dan memakan waktu lama dalam mencari dokumen-dokumen atas hak kepemilikan tanah tersebut secara manual.
“Kami mengalami kesulitan dan memakan waktu lama dalam mencari dokumen – dokumen atas hak kepemilikan tanah terutama pada perolehan Tanah kurun waktu Tahun 2015 kebawah yang belum dilengkapi dengan titik koordinat tanah sehingga berpotensi Pemerintah Daerah kehilangan Aset yang telah dimiliki secara sah” Jelasnya Risno, sapaan akrabnya.
Dikatakan, sebagai reformer, pihaknya memandang perlu melakukan terobosan dan inovasi serta pembaharuan kinerja organisasi demi terwujudnya akselerasi dalam tata kelola aset tanah Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan.
“Saya selaku Reformer Peserta PKA, dengan menerapkan terobosan dan inovasi serta pembaharuan kinerja pada Bidang Aset agar mempermudah pelaksanaan tugas-tugas dan fungsi Bidang Aset. inovasi SIMANTAP HALSEL ini harapannya seluruh stakeholder baik itu Pemerintah maupun masyarakat dapat mengetahui letak Aset Tanah Pemerintah Daerah diseluruh Wilayah Kabupaten Halmahera Selatan hanya dengan sekali click, sehingga informasi yang ingin diketahui baik itu oleh Pimpinan, Auditor atau Masyarakat dapat tersampaikan dengan baik, lebih efektif dan transparan,”jelasnya.
Diketahui Si Mantap Halsel memiliki akronim yaitu Sistem Informasi Manajeman Aset Tanah Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dengan TagLine (One Click Solution).
Pada penerapan inovasi ini mengacu sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia terhadap empat Tema Nasional yang termuat pada Peraturan Menteri PAN RB Nomor 3 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 tentang ROAD MAP Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024 yang salah satu tema yang diangkat adalah Digitalisasi Administrasi Pemerintahan.(hms/byb)

Avatar

Aby

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11