Next Post

TPQ An-Nujumunjanubiyi Gelar Khatam Al-Quran

IMG-20231002-WA0041

Bacan Istanafm.News – Bertepatan dengan Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, TPQ An-Nujumunjanubiyi Desa Mandaong Kecamatan Bacan Selatan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melaksanakan Khatam Al-Quran ke 7 pada 7 Santri, Minggu (1/10/2023).
Sekretaris TPQ, Galin Pratama, S.ST mengatakan, pelaksanaan Khatam Al-Quran sebagai bentuk apresiasi kepada santri yang telah melewati proses belajar Al-Qur’an dan sebagai bukti untuk memotivasi santri – santri lain agar tetap serius dan tekun belajar Al-Qur’an.
Ditambahkan, tujuan Khatam Al-Quran adalah untuk menjalin silaturahmi antara civitas TPQ dan orang tua santri dengan pemerintah vertikal dan horizontal dalam membangun sumber daya manusia atau generasi yang berkerakter, berakhlak dan beradab berdasarkan Al-Qur’an serta Agama Islam dengan tema Al-Qur’an sebagai sumber untuk meningkatkan literasi keagamaan dalam menyongsong era digital, karena hanya Al-Qur’an dan pendidikan Agama yang dapat menyelamatkan generasi kita dari pengaruh budaya moderen yang diaplikasikan dalam bentuk digital atau gedjet.
Camat Bacan Selatan, Nasrudin Hasan, SE mengatatan, peningkatan SDM generasi muda itu sangat penting melalui baca Alquran kepada anak-anak.
“Sebab tantangan di zaman mendatang bagi anak-anak kita kalau kita sebagai orang tua tidak mengawasi secara intens maka sama saja kita menjerumuskan anak-anak kita ke hal yg negatif,”tandasnya.
Sementraa Ompu Naib Juru Tulis Raa Kesultanan Bacan, M.Husni Muslim, S.Pd, M.Pd.I mengharapkan, pemerintah daerah harus lebih memperhatikan pembangunan infrastuktur rohani bagi generasi muda untuk menghadapi tantangan di zaman sekarang dan akan datang,
Dikatakan, bisa kita lihat kenyataan, pemerintah pusat dan daerah lebih fokus memperhatikan pembangunan pada hal-hal yang besar tetapi luput memperhatikan pembangunan dan pengembangan hal – hal kecil yang berdampak pada hal yang besar, Husni mencontohkan, sangat baik pemerintah membangun infrastruktur atau fasilitas umum untuk kebutuhan masyarakat tapi kita juga harus mempersiapkan generasi penerus dengan akhlak dan pengetahuan agama yang baik juga, agar generasi yang akan datang bisa menjaga, mengawal dan bahkan lebih memperindah apa yg sudah dibuat pemerintah untuk kemaslahatan orang banyak
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halsel Drs.H. La Sengka La Dadu, M.Pd.I menilai, perlunya pembangunan dan pengembangan Sekolah Tasbaq oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan Alquran bagi para santri, kepada Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa untuk lebih perhatian dalam pembangunan spritual melalui perayaan hari-hari besar Islam dan peningkatan SDM melalui pengembangan TPQ zerta kegiatan – kegiatan yang mengarah pada kemaslahatan umat.
“Mari sama2 kita berkolaborasi untuk kemaslahatan umat,” tandasnya pada pertemuan yang dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Halsel, Ompu Naib Juru Tulis Raa Kesultanan Bacan mewakili Ompu Datuk Alolong Jogugu Kesultanan Bacan, Camat Bacan Selatan, Kepala Desa Mandaong, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mandaong dan Para Imam Masjid di Desa Mandaong.
Kepala Desa Mandaong, Wahyudi Samad mengatakanan, kegiatan Khotam Qur’an yang di laksanakan TPQ An NUJUMUNJANUBIYI yang merupakan salah satu TPQ dengan jumlah santriawan dan santriwati terbanyak dari 7 TPQ di Desa Mandaong.
Selaku Pimpinan Desa, Wahyudi sadar betul masih banyak kekurangan yang belum bisa intervensi, namun dengan segala kekurangan TPQ AN-Nujumunjunubiyi tetap mampu terus eksis membimbing anak-anak santri dengan Ikhlas.
“Insha Allah kedepan kami dari pemerintah desa bisa mengintervensi lebih banyak agar kemitraan ini terus terjalin, karena hanya dengan membangun generasi yang berahlakulkarimah lah bisa membantu kemajuan desa di kemudian hari nant
Pada kesempatan itu, pihaknya menyampaikan terimakasih tak terhingga kepada berbagai pihak agar terus bisa membantu pembinaan anak-anak terutama tingkat usia dini dan remaja.(byb)

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11