Next Post

Walhi dan Lsm Telapak Gelar Diskusi Dampak Lingkungan di Pertambangan Nikel

IMG-20240303-WA0041

Ternate. Istanafm.com – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Provinsi Maluku Utara (Malut) bekerja sama dengan LSM Telapak menggelar Nonton Bareng di Gamalama Cafe sambil Diskusi dengan Mahasiswa Pertambangan dan Hukum Universitas Khairun (Unkhair) Ternate Minggu (03/03/2024) dengan Topik ‘Nikel Indonesia Peluang Atau Petaka’.
Sebelum diskusi, terlebih dulu diperlihatkan aktifitas Pertambangan Nikel di Pulau Obi dan ada penjelasan singkat aktifitas Pertambangan Nikel di Obi oleh speakers Muhammad Djufryhard.dari Perkumpulan Telapak. 
Dikatakan, Pertambangan Nikel di Pulau Obi, yang dikelola oleh PT. Tri Bangun Persada (Harita Grup) dengan luas lahan dibagian Utara Pulau Obi 4.200 Hektar.
“Dampak lingkungan yang terjadi di Pulau Obi akibat aktifitas Pertambangan Nikel di daerah itu, cukup dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya.
Apalagi, lanjut Muhammad, warga Desa Kawasi yang jarak perkampungan dengan areal Perusahaan itu hanya 100 meter, dimana warga merasakan dampak debu akibat aktifitas Pertambangan.
“Kami sebagai pekerja sosial yang peduli terhadap lingkungan selalu melakukan monitoring,”kata Muhammad Djufryhard.
Ditempat terpisah Faisal Ratuela Direktur Eksekutif Daerah Walhi Malut Maluku Utara, menjelaskan, tidak menutup kemungkinan pencemaran Lingkungan tidak akan terjadi, untuk saat ini karena masih berada diambang batas.
Namun kondisi ini, lanjut Faisal, tidak bisa kita jamin untuk waktu yang relatif lama,” kata Ratuela.
Menurutnya, sikap Walhi Malut bakal mengambil langkah tegas bila terjadi ancaman terhadap kerusakaan Lingkungan akibat aktifitas Pertambangan di daerah ini. Baik yang ada di Pulau Obi maupun di daratan Halmahera.
“WALHI akan terus melakukan pengawasan sesuai dengan kapasitasnya, jika terjadi dugaan pencemaran lingkungan maka WALHI Maluku Utara, akan berkolaborasi dengan LSM. Telapak maupun pihak-pihak yang berkompoten,” kata Ratuela. (Jaja On). –

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11