Next Post

Bahasa Ternate Masuk Kurikulum Mulok

IMG-20240122-WA0058

Ternate,Istana.news – Untuk menjaga dan. melestarikan aset Budaya Ternate dari kepunahan, maka Bahasa Ternate di masukan dalam Kurikulum Muatan Lokal (Mulok) ditingkat Sekolah Dasar di Kota Ternate.
Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaa (Dikbud) Drs. Syarif H. Sabatun Senin (22/01/2024) menjelaskan, untuk menjaga dan melestarikan budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur, sekaligus menjaga agar tidak punah, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate memasukan Bahasa Ternate dalam Kurikulum Mulok untuk dipelajari para Siswa ditingkat Sekolaah Dasar (SD) dan diterapkan sejak tahun Pelajaran 2024.
Ditambahkan, selain Bahasa Ternate, ada juga empat aset Budaya Ternate yang dijadikan Hak Paten yakni, Bahasa Ternate, Adat Ternate, Tarian Leu Kadato dan Makanan Khas Ternate.
“Untuk Bahasa Ternate yang sering digunakan dalam berkomunikasi (Interaksi) Sosial sehari-hari oleh warga Kota Ternate, hanya bisa kita jumpai di daerah Kecamatan Ternate Utara, Ternate Pulau, Hiri dan didaerah pegunungan seperti Moya, Torano, Marikurubu, dan Tongole. Sementara di pusat Kota seperti Ternate Tengah dan Selatan hampir tidak terdengar bahasa Ternate dalam komunikasi sehari-hari antar warga,”ujar Kadis.
Olehnya itu, lanjut Kadis, harapan PemKot Ternate, dengan adanya Penerapan Kurikulum Mulok Bahasa Ternate ini, lambat laun Bahasa Ternate dapat terus dipelihara hingga akhirul. (Jaja On). 

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11