Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

Garap Lahan Tidur, Seminggu Yulius Panen 500 Kg Cabai

IMG-20240120-WA0043

Halbar, Istana.News – Dalam mengisi hari hari setelah pensiun dari kedinasan TNI AD, Serka (Purn) Yulius Kendi, beralih profesi sebagai Petani Cabai di Desa Golo Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara (Malut).
Bahkan Yulius Kendi berhasil merubah lahan tidur seluas dua hektar untuk menanam Cabai dan hasil panennya dipasarkan ke Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan hingga Ke Kabupaten Halmahera Tengah.
Yulius Kendi saat berbincang-bincang dengan Wartawan Istana.News di Ternate Sabtu (20/01/2024) mengatakan, ribuan pohon Cabai Keriting yang ditanam di lahan seluas dua hektar itu, mampu menghasilkan 500 Kg Cabai.
Pada saat panen, Yulius memberdayakan masyarakat Desa Golo untuk memanen dan waktu panen membutuhkan waktu hingga empat sampai lima hari baru selesai panen.
“Hasil panen, langsung dipasarkan ke Ternate, Kota Tidore Kepulauan dan Halmahera Tengah oleh tenaga pemasaran dari Desa Golo,”jelasnya.
Namun begitu, akui Yulius, usaha perkebunan Cabai yang dirintis selama ini masih terkendala, dengan masalah permodalan, untuk membeli pupuk, obat pembunuh hama.
Pihaknya sudah mengirim Proposal ke Pemda Halbar melalui Dinas Pertanian, namun tidak mendapat respon positif dari Dinas Pertanian Halbar.
Menurutnya, untuk memperluas usahanya itu, pihaknya sangat mengharapkan uluran tangan dari Dinas Pertanian Halbar dalam bentuk obat -obatan, bibit, alat penyemprot hama serta pupuk.
Dia menilai, alam di Halmahera Barat sangat subur, namun perhatian Pemerintah khususnya Bidang Pertanian masih sangat minum. Baik Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat maupun Provinsi Maluku Utara.
“Jika Pemerintah punya kepedulian maka kita tidak perlu ada pasokan Sayur, Tomat, Cabai dari luar daerah, dari Manado dan Bitung,” tegas Yulius yang pernah mengikuti pelatihan Bidang Pertanian di Bandung semasa berdinas, dengan bekal ilmu itulah Yulius Kendi memilih bercocok tanam Cabai. (Jaja On). –

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11