Next Post
[aioseo_breadcrumbs]

SPKN Kesultanan Bacan Terima Bantuan Kearifan Lokal dari Kemensos RI

IMG-20231229-WA0091

HALSEL ISTANA.NEWS – Konflik sosial dan radikalisme yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia menjadi perhatian penuh dari Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) untuk menjaga kerukunan sosial di kalangan masyarakat.
Hal ini dibuktikan dengan memberikan bantuan Kearifan Lokal kepada beberapa komonitas seni budaya yang merupakan bagian komunitas masyarakat yang berlatar belakang kearifan lokal.
Bantuan tersebut berupa program kegiatan pengembangan seni budaya dan penguatan ekonomi produktif, dengan tujuan untuk pencegahan konflik sosial dan radikalisme di kalangan masyarakat pada suatu daerah.
Salah satu komunitas seni dan budaya di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang mendapat program kegiatan bantuan Kearifan Lokal dari Kemensos RI tahun 2023 yakni Sanggar Patra Komalo Nagara (SPKN) Kesultanan Bacan.
Ketua SPKN Kesultanan Bacan Nurlaila, Jumat (29/12/2023) mengatakan bantuan Kearifan Lokal yang di terima dari Kemensos RI ini, sebesar Rp. 50.000.000.
Ditambahkan, bantuan ini akan dimanfaatkan untuk pengembangan seni budaya dan penguatan ekonomi produktif sesuai dengan tujuan program kegiatan Kemensos RI sebagai salah satu strategi untuk pencegahan konflik sosial dan radikalisme.
“Karena kerukunan sosial yang saling berdampingan di masyarakat merupakan sebuah tradisi dan budaya bangsa Indonesia terutama di Kesultanan Bacan Halsel dalam meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri,”jelas Lela, sapaan akrabnya.
Untuk kegiatan pengembangan seni budaya tersebut, lanjut Nurlaila, pihaknya memanfaatkan untuk melengkapi kebutuhan sanggar dalam bentuk alat musik tradisional, aksesoris dan perlengkapan tarian serta baju adat pengantin.
Sementara untuk penguatan ekonomi produktif, kata dia dimanfaatkan untuk mengembangkan kearifan lokal dalam bentuk jajanan khas Kesultanan Bacan dengan melengkapi alat – alat penunjang pembuatan jajanan khas tersebut.
“Kami yakin dan percaya, dengan pengembangan seni budaya dan penguatan ekonomi produktif bisa menjadi media edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terutama bagi kaum muda untuk bagaimana mencegah konflik sosial dan radikalisme, sesuai dengan tujuan Kemensos RI dan cita – cita Kesultanan Bacan serta harapan Pemda Halsel, ” tandasnya.
Pihak SPKN Kesultanan Bacan memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kemensos RI atas bantuan dan kepercayaan yang diberikan kepada SPKN Kesultanan Bacan sebagai salah satu mitra dalam program kegiatan pencegahan konflik sosial dan radikalisme di Negara Kesatuan Republik Indonesia terutama di wilayah Kesultanan Bacan Halsel.
Pihak SPKN Kesultanan Bacan juga mengucapkan terima kasih kepada Perangkat Adat Kesultanan Bacan, Dinas Sosial Halsel, Ketua GEMASUBA M.Husni Muslim atas dukungan dan kepercayaan kepada kami dalam mengelola bantuan tersebut untuk kemaslahatan umat terutama bagi kaum muda dan menjadi bagian dalam upaya untuk pencegahan konflik sosial dan radikalisme serta upaya menjaga hubungan sosial yang kondusif dalam menjelang, hari pelaksanaan dan pasca pemilu di tahun 2024 nanti bahkan sampai seterusnya.
Selain itu, SPKN Kesultanan Bacan juga mengucapkan terima kasih kepada M. Sanusi Iskandar Alam atas usulannya sehingga SPKN Kesultanan Bacan bisa mendapat bantuan langsung dari Kemensos RI.
“Besar harapan kami semoga dengan bantuan kearifan lokal dan kepercayaan yang diberikan, tidak hanya kami manfaatkan untuk pencegahan konflik sosial dan radikalisme saja tetapi juga bisa menjadi ruang untuk mengembangkan potensi kaum muda dalam bidang seni budaya dan kewirausahaan serta potensi lain yang bersifat positif,”ujarnya.
Nurlaila juga berharap, kedepannya pihaknya bisa menjadi mitra dalam program kegiatan lain yang berdampak positif bagi kemaslahatan umat terutama bagi kaum muda di wilayah Kesultanan Bacan dan di Kabupaten Halsel.
“Semoga Sanggar Patra Komalo Nagara Kesultanan Bacan tidak hanya menjadi komunitas seni budaya tetapi juga bisa menjadi komonitas yang selalu siap bermitra dengan semua stecholder lain untuk kemajuan bangsa Indonesia, Kesultanan Bacan dan Kabupaten Halsel,”harapnya. (byb)

Avatar

istanafm

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11